Bulan Ini Uji TV Digital

Bulan Ini Uji TV Digital
Bulan Ini Uji TV Digital
JAKARTA-Kepastian pelaksanaan uji coba televisi digital untuk para lembaga penyiaran swasta (LPS) akan dimulai pada pertengahan Januari. Kini telah terbentuk empat konsorsium untuk pelaksanaan uji coba itu, masing-masing dua untuk tv digital telesterial dan dua untuk tv digital mobile.

Seperti yang dikatakan Menkominfo, Mohammad Nuh, uji coba untuk TV digital di Lempaba Penyiaran Publik atau TVRI telah dilakukan pada 13 Agustus tahun 2008, maka menyusul itu pertengahan Januari 2009 akan dilakukan uji coba untuk LPS. "Dalam uji coba ini ada tiga tahap," kata Menkominfo, di Kantor Depkominfo, Medan Merdeka Barat 9 Jakarta, Senin (5/1).

Untuk diketahui soal migrasi tv analog ke digital, Depkominfo telah menetapkan serangkaian pentahapan yang akan dilakukan. Ada tiga tahap. Pertama mulai 2008-2012 meliputi tahap uji coba, penghentian izin lisensi baru untuk TV analog setelah beroperasinya penyelenggara. Infrastruktur TV digital dimulai lisensi baru untuk penyelenggara infrastruktur TV digital. Pemetaan lokasi dimulainya siaran digital dan dihentikannya siaran analog mendorong industri elektronik dalam negeri untuk penyediaan peralatan penerima TV digital.

Tahap kedua, ditargetkan mulai tahun 2013-2017 dengan kegiatan meliputi penghentian siaran TV analog di kota-kota besar dilanjutkan dengan daerah regional lain serta intensifikasi penerbitan izin bagi mux operator yang awalnya beroperasi analog ke digital. Sedang tahap ketiga, merupakan periode dimana seluruh siaran TV analog dihentikan, siaran TV digital beroperasi penuh dan kanal 49 ke atas digunakan untuk sistem telekomunikasi nirkabel masa depan.

Selain pelaksanaan uji coba tv digital bagi para LPS, tahun 2009 termasuk bagian akhir dari rencana pelaksanaan televisi berjaringan. "Batas akhir pelaksanaan ini sesuai diamanatkan dalam UU Penyiaran yakni sampai akhir Desember 2007, yang kemudian dilakukan penundaan sampai Desember 2009. Tahun 2009 merupakan upaya terakhir. Berbagai tahapan telah dilakukan, termasuk penetapan daerah kaya miskin," katanya.

JAKARTA-Kepastian pelaksanaan uji coba televisi digital untuk para lembaga penyiaran swasta (LPS) akan dimulai pada pertengahan Januari. Kini telah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News