Bull Segera Melantai di Bursa

Bull Segera Melantai di Bursa
Bull Segera Melantai di Bursa
JAKARTA - Mimpi PT Buana Listya Tama Tbk (BULL) melantai di Bursa Efek Endonesia (BEI) segera terealisasi. Itu seiring terbitnya pernyataan efektif dari Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) untuk dapat melakukan Initial Public Offering (IPO). Jika tak ada perubahan skenario, hajatan listing saham perdana itu bakal dipentaskan pada 23 Mei mendatang.

Bull melepas saham anyar sebanyak 6,65 miliar. Saham baru itu diplot dengan banderol harga Rp 155 per lembar saham. Dengan fakta tersebut, manajemen bakal meraup dana hasil IPO senilai USD 120 juta alias sebesar Rp 1,2 triliun dengan kurs Rp 10 ribu per dollar.

Selain mengantongi dana sebesar USD 120 juta, perseroan juga mendapat suntikan dana sebesar USD 66 juta. Dana tambahan itu didapat dari penawaran waran sebanyak 3,33 miliar pada harga Rp 170 per lembar waran.  Di mana pemegang 2 saham IPO mendapat jatah 1 lembar waran secara cuma-cuma. "Kami optimistis kemunculan perseroan mendapat sambutan positif dari pelaku pasar. Apalagi, harganya menjanjikan," tutur Vicky Ganda Saputra, Executive Director PT Danatama Makmur, selaku penjamin pelaksana emisi IPO Buana, di Jakarta, Rabu (11/5).

Soal harga sebut Vicky memang tak terbantahkan masih sangat kompetitif.

Dari sisi Price to Earning Ratio (PER) dan Enterprise Value to Earnings Before Interest, Tax, Depreciation & Amortization (EV/EBITDA) 2011, saham Buana tercatat sebesar 9,15x dan 4,51x. Kondisi itu, menurut klaim underwriter masih jauh di bawah valuasi industri global sejenis maupun market. "Tidak aneh, jika dalam proses bookbuilding mengalami kelebihan permintaan hingga 6,03x," ulas Vicky.

JAKARTA - Mimpi PT Buana Listya Tama Tbk (BULL) melantai di Bursa Efek Endonesia (BEI) segera terealisasi. Itu seiring terbitnya pernyataan efektif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News