Bulungan Siapkan Kantor Gubernur Kaltara

Bulungan Siapkan Kantor Gubernur Kaltara
Bulungan Siapkan Kantor Gubernur Kaltara
TANJUNG SELOR- Pembentukan provinsi baru, yaitu Kalimantan Utara (Kaltara) sudah mendapatkan persetujuan dari DPRD Kalimatan Timur sejak 26 Desember 2007 lalu. Sayangnya, sampai sekarang provinsi yang akan meliputi lima kabupaten wilayah Utara belum bisa terwujud.

Untuk mempercepat proses, kini Bupati Bulungan Drs H Budiman Arifin MSi menyiapkan perkantoran yang akan digunakan untuk pejabat gubernur dalam mengurus pemerintahan sementara. “Dua hari setelah keluar SK DPRD tersebut, tepatnya pada 28 Desember 2007, Plt. Gubernur Kaltim pada saat itu (Drs Yurnalis Ngayoh) menyusul mengeluarkan SK persetujuan berikut surat pengantar yang akan disampaikan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri),” terang Budiman Ariin kepada Radar Tarakan (JPNN Grup).

Budiman mengatakan, jika mengacu dengan keputusan tersebut tidak perlu lagi dipersoalkan mengenai ibukota Kaltara. Karena sudah jelas, bahwa DPRD dan Gubernur Kaltim menyetujui ibukota Kaltara di Bulungan.

Kenapa harus di Bulungan atau Tanjung Selor? Dikatakan, ada beberapa pertimbangan penting kenapa ibukota harus di Bulungan. Pertama, kata dia, menyangkut sejarah. Di mana diketahui bahwa Bulungan merupakan induk dari lima kabupaten/kota yang ada di utara Kaltim ini. Dalam hal ini, Bulungan merupakan kabupaten tertua dibanding kabupaten/kota lain.

TANJUNG SELOR- Pembentukan provinsi baru, yaitu Kalimantan Utara (Kaltara) sudah mendapatkan persetujuan dari DPRD Kalimatan Timur sejak 26 Desember

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News