Bumi Panas

Oleh Dahlan Iskan

Bumi Panas
Dahlan Iskan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - GADIS 18 tahun ini menilai: para pemimpin negara di dunia belum dewasa. Buktinya, mereka tidak juga ambil putusan soal penanganan perubahan iklim. Padahal, katanyi, kondisi iklim sekarang ini sudah ibarat ”rumah kita sedang terbakar”.

Anda sudah tahu: dia adalah Greta Tintin Eleonora Ernman Thunberg. Lahir di Swedia, 3 Januari 2003.

Greta akan kembali jadi bintang dunia hari-hari ini. Yakni, ketika di Kota Glasgow, Skotlandia, sedang diselenggarakan KTT perubahan iklim. Mulai kemarin sampai minggu depan.

Baca Juga:

Presiden Jokowi ada di sana –setelah menghadiri KTT G20 di Roma, Italia. Joe Biden hadir. Barack Obama juga.

Di sanalah tokoh-tokoh dunia bakal memutuskan: langkah konkret apa yang akan dilakukan semua negara. Untuk mencegah terjadinya pemanasan global.

Presiden Tiongkok Xi Jinping tidak hadir. Inilah KTT yang menakutkannya: Tiongkok dianggap juara penyebab terjadinya pemanasan global. Tiongkok –meski sudah menghapus PLTU kecil-kecil– masih dianggap belum cukup.

Presiden Rusia Vladimir Putin juga tidak datang. Ia juga takut menghadapi forum Glasgow itu. Presiden Jokowi bisa gagah di sana: Indonesia paru-paru dunia.

Memang akan ada demo besar-besaran di sana. Demonya juga internasional. Aktivis lingkungan sedunia kumpul di sana: untuk menekan para pemimpin dunia.

Meski angkanya berbeda-beda, para ahli hampir sepakat:saat ini panas bumi kita 1,3 derajat lebih panas daripada tahun 1.700.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News