BUMN Communications Week 2023 Dorong Penggunaan Medsos untuk Pacu Reputasi Perusahaan

BUMN Communications Week 2023 Dorong Penggunaan Medsos untuk Pacu Reputasi Perusahaan
Forum Humas BUMN menggagas acara BUMN Communications Week 2023 agar praktisi komunikasi perusahaan BUMN cepat beradaptasi dengan platform digital. Foto: Dok BRI

jpnn.com, JAKARTA - Forum Humas BUMN menggagas acara BUMN Communications Week 2023 agar praktisi komunikasi perusahaan BUMN cepat beradaptasi dengan platform digital dan terbuka dalam merespons publik, demi menjaga reputasi perusahaan.

Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan perkembangan dunia digital membuat perusahaan perlu melihat media sosial sebagai alat untuk berkomunikasi dua arah dan menjadi jalan pintas dalam penyampaian informasi.

Hal itu disampaikan Arya dalam talkshow bertajuk “Transformasi Komunikasi untuk Tingkatkan Reputasi” yang membuka rangkaian acara BUMN Communications Week 2023 pada Rabu (3/5) di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta.

Arya menekankan bahwa transparansi informasi adalah hal yang harus dilakukan, di mana semua kebijakan dan hal-hal yang menjadi pertanyaan publik harus dijawab secara tuntas, sehingga informasi tidak liar dan tidak membawa dampak negatif bagi BUMN.

“Saya membalas satu-satu direct message yang masuk di media sosial, saya jawab pertanyaan-pertanyaan mereka, saya jelaskan. Akhirnya malah banyak haters yang berbalik. Karena bahaya, kalau pertanyaan-pertanyaan itu tidak dijawab. Nanti persepsinya semakin liar dan menumpuk,” jelas Arya.

Arya meyakini, pemanfaatan media sosial secara tepat akan mendukung upaya menjaga reputasi perusahaan, terutama dalam meningkatkan image dan persepsi masyarakat terhadap perusahaan BUMN. Langkah tersebut juga telah diimplementasikan di sejumlah perusahaan BUMN.

“BUMN saat ini punya social media ranger yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, karyawan BUMN juga banyak yang merupakan influencer, bahkan ada yang memiliki 50.000 followers. Karyawan kita makin top, dan influencer kita makin banyak,” tambah Arya.

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang mengingatkan bahwa praktisi komunikasi tidak terjebak boleh dalam respons negatif di media sosial dan memilah mana yang perlu diberi tanggapan agar tidak bergulir menjadi bola liar.

Forum Humas BUMN menggagas acara BUMN Communications Week 2023 agar praktisi komunikasi perusahaan BUMN cepat beradaptasi dengan platform digital

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News