BUMN Setor Dividen Rp 80,2 Triliun untuk Negara, Sebegini Kontribusi BRI

BUMN Setor Dividen Rp 80,2 Triliun untuk Negara, Sebegini Kontribusi BRI
Direktur Utama BRI Sunarso membeberkan kontribusi BRI dalam pemberian dividen kepada negara hingga Rp 80,2 triliun pada tahun ini. Foto: BRI

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) siap menyetorkan dividen kepada negara hingga Rp 80,2 triliun pada tahun ini.

Menteri BUMN RI Erick Thohir mengatakan bahwa angka tersebut menjadi yang terbesar dalam sejarah BUMN.

Erick Thohir juga menyebutkan, tidak hanya dalam bentuk dividen, kontribusi empat bank BUMN terhadap perekonomian nasional cukup besar.

“Kontribusi keempat bank terhadap lapangan kerja tidak kurang dari 34,6 juta pada 2022. Dari jumlah itu, sekitar 33 juta dikontribusi oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui kehadiran pekerja UMKM penyaluran KUR BRI”, jelas Erick dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (5/5).

Adapun dari total dividen yang disetorkan ke negara, sebanyak Rp 40,74 triliun atau 50,8 persen dikontribusi oleh empat BUMN perbankan termasuk PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI.

BRI menjadi kontributor terbesar dengan berkontribusi sebesar Rp 23,15 triliun atau 59,97 persen dari total dividen BRI sepanjang 2022.

Kontribusi optimal BRI tersebut tidak lepas dari kinerja gemilang sepanjang 2022 dengan pencapaian laba sebesar Rp 51,41 triliun, angka tersebut menjadi yang terbesar di antara BUMN perbankan lainnya.

Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan bahwa dengan strategic response yang tepat, BRI Group berhasil mencatatkan kinerja positif dengan pencapaian rekor laba.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) siap menyetorkan dividen kepada negara hingga Rp 80,2 triliun pada tahun ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News