Bung Karno: Masak Opo Bu? Oo, Sego Jagung, Aku Melok Mangan yo

Bung Karno: Masak Opo Bu? Oo, Sego Jagung, Aku Melok Mangan yo
Kampung Pancasila di Dusun Wonorejo Desa Tulungrejo Kota Batu, warganya mengamalkan dan menghayati Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Insert: Burung Garuda di puncak Tugu Pemukiman Purnawirawan AU. Foto: MUHAMMAD DHANI RA

jpnn.com - Tepat pada peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni, bendera Merah Putih berkibar di seluruh sudut Kampung Pancasila.

Ya, Kampung Pancasila adalah nama sebuah Rukun Warga (RW) di Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo Kota Batu, Jatim. Di Desa Tulungrejo ini, Presiden Pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno pernah bermukim dan berinteraksi dengan warga.

Kampung ini, menjadi wujud nyata dari penerapan Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu juga. Lokasinya tak jauh dari Hotel Selecta, yang pernah ditempati Bung Karno.

Mencari kampung ini tidaklah sulit. Jika ke Kota Batu, cari arah menuju Wana Wisata Coban Talun. Tiba di pertigaan ke arah Hotel Selecta, terus saja melaju lurus ke arah Cangar.

Dalam jarak tempuh lima menit, akan terlihat tanda belok kiri ke arah Wana Wisata Coban Talun. Ini adalah wana wisata yang memiliki air terjun indah dan hotel berkonsep alam bernama Apache Camp.

Dari google maps, nama Kampung Pancasila memang tidak ada, Anda bisa berbelok di Jalan Coban Talun.

Jalan desa berkelok yang kiri kanannya dipenuhi kebun apel bakal memanjakan perjalanan. Nah, hitung saja pertigaan di kiri kendaraan Anda. Pada pertigaan kedua, beloklah ke kiri.

Di google maps akan terlihat tanda Toko Jamu Pancasila. Itulah sedikit penanda nama Kampung Pancasila yang tersisa.

Tepat pada peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni, bendera Merah Putih berkibar di seluruh sudut Kampung Pancasila.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News