Pancasila Sebagai Warisan Luhur Budaya Bangsa

Pancasila Sebagai Warisan Luhur Budaya Bangsa
Peserta Silahturahmi Kebangsaan dalam rangka Hari Lahir Pancasila, Kamis (1/6) di Aula Gereja Sanfrades, Palembang, Sumatera Selatan. Foto: Ist. for JPNN

jpnn.com, PALEMBANG - Pancasila adalah warisan paling berharga yang menjadi hak Warga Negara Indonesia saat lahir dari rahim ibu pertiwi. Hal tersebut diungkapkan Yuvenalis Dwi Kurniawan selaku Ketua Pelaksana Silahturahmi Kebangsaan dalam rangka Hari Lahir Pancasila, Kamis (1/6) di Aula Gereja Sanfrades, Palembang, Sumatera Selatan.

“Lewat Pancasila kita berhak bangga atas kekayaan negeri ini dari Sabang sampai Merauke, dari Talaut sampai Pulau Rote. Harus diakui, bahwa Pancasila adalah ideologi yang paling paripurna untuk menyatukan semua keberagaman yang ada pada negeri ini,” kata Yuven.

Ia juga menjelaskan 1 Juni adalah sejarah Pancasila yang juga merupakan warisan luhur budaya bangsa, dilahirkan kembali sebagai ideologi bangsa. Sudah menjadi kewajiban penduduk Indonesia sebagai pewaris dari Ideologi tersebut, untuk terus mempertahankan Pancasila sebagai ideologi yang harus terus menerus diwariskan ke generasi berikutnya.

“Ya dari semua itu, PMKRI Cabang Palembang bersinergi bersama Dewan Pastoral Paroki (DPP) Sanfrades, Pemuda Katolik Komda Sumsel, Orang Muda Katolik (OMK) dan lembaga lainnya mengadakan sebuah kegiatan silaturahmi Kebangsaan,” katanya.

Adapun tema yang diangkat dalam perayaan ini adalah “Pancasila Rumah Kita”. Pilihan tema tersebut diharapkan menjadi momentum awal untuk kembali mempererat tali persaudaraan pemuda dari lintas suku, agama dan ras sekaligus untuk duduk bersama memantapkan pemahaman tentang Pancasila sebagai Ideologi Bangsa.

Menurut Yuven yang juga merupakan mantan Ketua Presidium PMKRI Palembang tahun 2015-2016, peserta yang hadir berasal dari berbagai suku, etnis, agama dan ras. Mereka antusias mengikuti jalannya dialog tersebut.

Adapun narasumber yang dihadirkan yakni Letkol Inf. Romas Hernandes sebagai Komandan Kodim, Ahmada Zarkasih Anggota DPRD Kabupaten Banyuasin sekaligus Ketua GP Ansor diwakili Sekretaris Jendral GP Ansor Nurul Mubarok, dan Novriansyah Bastarie, Staf khusus DPRD Kota Palembang sekaligus Wakil Ketua Pemuda Pancasila.

Dalam acara yang berlangsung meriah itu, terdengar pekikan dan yel-yel dari peserta. “Saya Indonesia. Saya Pancasila,” teriak para peserta Silahturahmi Kebangsaan.

Pancasila adalah warisan paling berharga yang menjadi hak Warga Negara Indonesia saat lahir dari rahim ibu pertiwi. Hal tersebut diungkapkan Yuvenalis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News