Bupati Bandung Barat Imbau Anak Buah Pakai Akik Oncom, Apa Istimewanya?

Bupati Bandung Barat Imbau Anak Buah Pakai Akik Oncom, Apa Istimewanya?
Bupati Bandung Barat Imbau Anak Buah Pakai Akik Oncom, Apa Istimewanya?

jpnn.com - PADALARANG - Bupati Bandung Barat, Abubakar mengimbau anak buahnya untuk lebih aktif memperkenalkan dan mempromosikan batu akik asli pancawarna Gununghalu atau yang dikenal juga dengan sebutan batu oncom. Karenanya, Abubakar meminta para pegawai negeri sipil di Pemkab Bandung Barat mengenakan batu oncom dalam aktivitas sehari-hari.

Akik pancawarna Gununghalu disebut batu oncom karena warnanya didominasi oranye mirip oncom, makanan khas Bandung. Keindahan akik oncom bahkan tidak kalah dengan pancawarna Garut. Sebab, selain warnanya dominan oranye, batu oncom juga memiliki warna lainnya seperti merah, hijau, biru, kuning, hitam dan warna lainnya.

"Maka karena itu kami menghimbau agar para pejabat maupun PNS bisa menggunakan batu akik oncom yang merupakan batu akik dari KBB. Dengan begitu mereka ikut mempromosikan batu akik ini ke masyarakat," ujarnya seperti dikutip Radar Bandung.

Abubakar pun berharap batu akik pancawarna oncom dapat dikenal luas di kalangan pencinta batu akik hingga masyarakat awan sekali pun. Tak hanya itu, Abubakar bahkan meyakini batu oncom bakal menjadi primadona baru di dunia gemstone tanah air.

Penggemar akik dari Gemstone Cihampelas, Beni, menjelaskan, salah satu jenis batu oncom dengan kasta tertinggi adalah golden oncom. Selain memiliki warna oranye, golden oncom ini juga memiliki bercak-bercak emas di seluruh permukaan batunya. “Harganya pun sangat tinggi," katanya.

Mengapa harga golden oncom ini terbilang fantastis dibanding batu oncom lainnya? Menurut Beni, hal itu disebabkan karena batu golden oncom tergolong sangat langka dan karena motifnya yang luar biasa cantik.

"Paling yang punya golden oncom ini hanya satu atau dua orang. Sangat susah menemukan batu golden dari bongkahan oncom besar sekalipun," jelas pria yang sangat mengagumi keindahan batu oncom ini.(jpnn)
   


PADALARANG - Bupati Bandung Barat, Abubakar mengimbau anak buahnya untuk lebih aktif memperkenalkan dan mempromosikan batu akik asli pancawarna Gununghalu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News