Bupati Bombana Apresiasi Program Upsus Pajale Mentan

Bupati Bombana Apresiasi Program Upsus Pajale Mentan
Bupati Bombana Tafdil memberikan sambutan dalam rangka menyambut Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di Desa Biru, Kecamatan Koleang, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, Rabu (25/7). Foto: Fathan Sinaga / JPNN

jpnn.com, BOMBANA - Bupati Bombana Tafdil mengatakan, program Upaya Khusus Padi, Jagung dan Kedelai (Upsus Pajale) yang digagas Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman sangat membantu petani di daerahnya.

Program tersebut, kata dia, mampu meningkatkan luas lahan dan produksi padi di Bombana.

"Dulu produksi padi kami 53 ribu ton. Sekarang, setelah program Upsus, meningkat menjadi 84 ribu ton. Ini 58 persen peningkatannya," kata Tafdil dalam sambutan menerima kunjungan Amran di Desa Biru, Kecamatan Koleang, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, Rabu (25/7).

Tafdil melanjutkan, peningkatan produksi padi diakibatkan bantuan benih, pupuk, alat dan mesin pertanian yang tepat sasaran dari Kementan. Selain itu, kata dia, Amran juga memberikan atensi di Bombana untuk penambahan luasan lahan.

"Kebutuhan padi untuk masyarakat Bombana adalah 35 ribu ton. Jadi surplus 54 ribu ton dan kami sudah swasembada," kelas dia.

Meski demikian, Tafdil mengharapkan Amran memberi bantuan pengering untuk Bombana. Sebab, banyak tokoh masyarakat enggan menampung saat panen raya sehingga hasil produksi rawan membusuk.

"Di luar itu, program Upsus sangat meningkatkan kesejahteraan petani. Rakyat Bombana terima kasih, pak," tuturnya kepada Amran. (tan/jpnn)




Peningkatan produksi padi di Bombana diakibatkan bantuan benih, pupuk, alat dan mesin pertanian yang tepat sasaran dari Kementan


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News