Mentan Targetkan Kabupaten Bombana Jadi Sentra Gula dan Sapi

Mentan Targetkan Kabupaten Bombana Jadi Sentra Gula dan Sapi
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberikan alat dan mesin pertanian di Desa Biru, Kecamatan Koleang, Kabupaten Bombana, Selasa (25/7). Foto: kementan for jpnn

jpnn.com, BOMBANA - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menargetkan Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, menjadi sentra penghasil gula dan sapi.

Menurut Amran, klimatologi kabupaten di Sulawesi Tenggara sangat bagus untuk dua komoditas tersebut.

"Saya ingin jadikan, Sulawesi Tenggara, khususnya Bombana pusat sapi dan pusat gula," kata Amran dalam kunjungannya memanen padi di Desa Biru, Kecamatan Koleang, Kabupaten Bombana, Selasa (25/7).

Amran mengatakan, pemerintahan Jokowi-JK fokus untuk meningkatkan kesejahteraan petani sekaligus menjadikan Indonesia berdaulat pangan. Menurut Amran, baru 72 tahun Indonesia merdeka, sektor pertanian bergeliat perkembangannya.

"Dalam sejarah pertanian, ini bantuan terbesar seperti irigasi, traktor dan lainnya. Perjalanan dinas Rp 800 miliar kami cabut untuk petani," kata Amran.

Amran juga meminta petani dan masyarakat Bombana agar menerima adanya pembangunan pabrik gula. Amran menilai, pabrik itu akan memberikan manfaat kepada masyarakat Bombana sendiri.

"Yang menggerakkan ekonomi daerah adalah ekspor dan investasi. Kalau ada pabrik, di luar negeri usaha itu masuk diberi karpet merah," kata Amran.

Dalam kunjungannya ini juga, Amran memberikan sejumlah bantuan bibit, benih, alat dan mesin pertanian. Amran menjanjikan petani Bombana mendapatkan lima dryer, 20 unit combain dan traktor sebanyak dua unit.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menargetkan Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, menjadi sentra penghasil gula dan sapi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News