Bupati Halmahera Jualan Rempah ke Italia

Bupati Halmahera Jualan Rempah ke Italia
Bupati Halmahera Jualan Rempah ke Italia
LABUHA– Rempah-rempah asal Maluku merambah Eropa memang bukan berita baru. Namun, seiring dengan persaingan yang cukup ketat dari negara-negara penghasil rempah dunia, seperti negara-negara dari Amerika Latin misalnya membuat rempah Indonesia perlu terus dipromosikan ke dunia internasional. Kesempatan itulah yang ingin dilakukan Bupati Halmahera Selatan H Muhammad Kasuba, dalam perjalanannya ke Eropa kali ini.

"Kesempatan ini akan saya manfaatkan untuk jualan rempah-rempah," kata Kasuba ketika dihubungi wartawan JPNN di Labuha, semalam. Pekan ini, Muhammad Kasuba akan bertolak ke Italia atas undangan kedutaan besar negara itu.  Di negeri Pizza ini, Kasuba akan menghadiri meeting investmen yang disponsori oleh PBB dan FAO. "Mudah-mudahan pertemuan itu nanti bermanfaat, dan akan menjadi era kebangkitan baru bagi  Maluku Utara," ujarnya.

Menurut rencana, meeting investment akan digelar di markas FAO PBB di Bologna. Di acara ini, Kasuba akan mempromosikan produk rempah asal Maluku. Ia menegaskan, Maluku masih memiliki potensi pengembangan rempah berstandar dunia. "Untuk bisa menembus pasar dunia, hal itu perlu dipromosikan," ujarnya. Maluku utara memang dikenal sebagai penghasil rempah nomer wahid. Namun, potensi sempat terlupakan tergerus rempah-rempah negara lain akibat pengelolaan yang tidak tepat.

Selama di Bologna, Kasuba akan melakukan serangkaian pertemuan dengan sejumlah pengusaha budi daya rempah. "Ya intinya, kami akan melakukan penjajagan kerja sama," ujarnya. Untuk keperluannya itu, Kasuba mengaku  telah membawa  berbagai contoh rempah-rempah daerah  ini dan akan diperkenalkan di Italia.

LABUHA– Rempah-rempah asal Maluku merambah Eropa memang bukan berita baru. Namun, seiring dengan persaingan yang cukup ketat dari negara-negara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News