Bupati Jayapura Sebut Hanya Menteri Ini yang Mau Datang ke Kampung Yoboi

Bupati Jayapura Sebut Hanya Menteri Ini yang Mau Datang ke Kampung Yoboi
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw menerima kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno pada Selasa (21/9). Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Bupati Jayapura Mathius Awoitauw menerima kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno pada Selasa (21/9).

Mathius mengatakan Sandi merupakan satu-satunya menteri yang mengunjungi Kampung Yoboi, Distrik Sentani, Jayapura, Papua.

“Ini pertama kali ada seoarang menteri yang datang dan berlama-lama dengan masyarakat di kampung. Sebelumnya tidak pernah terjadi seperti ini," ujarnya.

Mathius pun menyampaikan rasa terima kasihnya atas nama rakyat Yoboi, umumnya Jayapura, kepada pemerintah. Terlebih, desanya terpilih sebagai salah satu desa wisata terbaik di ajang ADWI 2021.

"Semoga apa yang dilakukan di Kampung Yoboi ini dapat ditiru dan dilakukan di sejumlah kampung di Kabupaten Jayapura," ucapnya.

Kedatangan Sandi ialah melihat Kampung Yoboi yang terpilih sebagai satu dari 50 kampung dan desa wisata terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Dalam kunjungannya, Sandi berinteraksi dengan warga setempat selama kurang lebih tiga jam. Dia pun menyanjung keindahan alam kampung terapung tersebut.

"Ini adalah kampung yang sangat nyaman walaupun ada di atas sungai dan menjadi satu-satunya kampung terapung di mana air menjadi sumber kehidupan dari beberapa kampung yang ada di sekitar Danau Sentani," kata Sandi.

Menurut Sandi, Kampung Yoboi juga memiliki berbagai keunggulan lainnya, mulai dari alam, kuliner, kriya, hingga budayanya.

"Kampung Yoboi memang pantas masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik Indonesia," sambung dia.

Ada 1.831 desa di seluruh Indonesia yang mengikuti lomba desa wisata. Seratus desa dinyatakan lolos kurasi, lalu dikerucutkan menjadi 50 desa yang dianugerahi ADWI 2021, termasuk Kampung Yoboi.

Penjurian dan penilaian sudah dilakukan selama enam bulan lalu. Beberapa indikator penilaian meliputi homestay, toilet, suvenir, desa digital, CHSE, konten kreatif, dan daya tarik wisata. (tan/jpnn)

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw memuji seorang menteri yang datang dan bermain di desanya. Dia menilai hal itu merupakan rekor sejarah.