Bupati Sukamta Mengajak Nelayan Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Bupati Sukamta Mengajak Nelayan Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan
Bupati Tanah Laut Sukamta Sukamta membuka Manunggal Tuntung Pandang (MTP) ke-95 di Desa Tanjung Desa, di halaman Yayasan Pondok Pesantren Asy’syafiiyyah Datu Pamulutan, Jum'at (16/12/2022).Foto:ANTARA/HO-DISKOMINFO TANAH LAUT.

jpnn.com - TANAH LAUT - Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Sukamta mengatakan nelayan menjadi salah satu profesi dengan risiko kerja tinggi.

Oleh karena itu, Sukamta mengajak para nelayan di Desa Tanjung Dewa, Kecamatan Panyipatan, Tanah Laut, menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Profesi nelayan menjadi salah satu profesi dengan risiko kerja tinggi. Sangat tepat jika para nelayan ikut program jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan," kata Sukamta di Pelaihari dilaporkan Sabtu (17/12).

“Kita memang tidak ingin hal-hal buruk terjadi. Namun, terkadang kita tidak tahu kondisi alam saat melaut seperti apa. Tidak ada salahnya mempersoapkan diri sejak dini,” lanjut Sukamta.

Dia menceritakan pernah ada kasus yang menimpa salah seorang nelayan Tanah Laut ketika sedang melaut.

Lalu, BPJS Ketenagakerjaan memberikan santunan karena nelayan tersebut telah mendaftarkan diri sebagai peserta.

Menurutnya, santunan tersebut langsung diterima oleh ahli waris.

“Ini menjadi wujud nyata bagaimana seorang nelayan telah menyiapkan jaminan bagi ahli waris dalam menyambung kehidupan,” lanjutnya.

Bupati Tanah Laut Sukamta mengajak nelayan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Nelayan merupakan profesi dengan risiko kerja besar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News