Bupati Sumenep Bikin Banyak Ekonomi Kreatif, Pengamat: Harus Didukung

Bupati Sumenep Bikin Banyak Ekonomi Kreatif, Pengamat: Harus Didukung
Bupati Sumenep Achmad Fauzi banyak membuat terobosan ekonomi kreatif. Foto: ilustrasi/Dokumentasi Humas Pemkab Sumenep

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, melakukan berbagai terobosan untuk membangkitkan perekonomian masyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan Bupati Sumenep, Achmad Fauzi adalah terobisan di bidang periwisata dan ekonomi kreatif.

Hasilnya berbagai penghargaan yang diraih oleh Tokoh Muda Madura yang digadang-gadang bakal maju di Pilgub Jatim 2024 tersebut.

Salah satunya, Bupati Sumenep Achmad Fauzi diberi penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), atas dedikasi dan komitmennya dalam mendukung program pengembangan desa wisata 2022.

Tak hanya itu, salah satu destinasi wisata budaya yang ada di Kabupaten Sumenep, yakni Desa Aeng Tongtong, juga dinobatkan sebagai Juara I Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, kategori Daya Tarik Pengunjung. Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Jakarta, pada Minggu (30/10).

Memasuki 2023, Pemkab Sumenep pun makin gencar menggelar event wisata yang dipastikan akan mendatangkan banyak wisatawan. Ada sekitar 20 event wisata yang akan digelar di Kabupaten Sumenep sepanjang 2023, meliputi wisata alam dan budaya lokal Sumenep.

Di antaranya ada funbike di Pulau Oksigen, maraton beach, festival budaya Tong Tong, Sumenep Culture, hingga festival UMKM. Diyakini, funbike pulau oksigen akan banyak diikuti wisatawan domestik maupun internasional. Sebab, acara tersebut belum pernah digelar sebelumnya.

Berdasarkan data Air Visual, sebuah aplikasi pencatat kualitas udara di dunia, menyebutkan bahwa Air Quality Index (AQI) atau kualitas kadar oksigen di Gili Iyang, nomor dua terbaik di dunia. Hanya kalah dari Laut Mati yang ada di Jordania.

Pengamat politik dan kebijakan publik Universitas Negeri Jember (UNEJ), Hermanto Rohman, menyatakan berbagai upaya yang dilakukan Bupati Sumenep dalam bidang seni budaya dan pariwisata ini patut didukung.

Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, melakukan berbagai terobosan ekonomi kreatif untuk membangkitkan perekonomian masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News