Bursa Menteri ESDM Dapat Sorotan Luas

Bursa Menteri ESDM Dapat Sorotan Luas
Bursa Menteri ESDM Dapat Sorotan Luas

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat Energi dan Pertambangan, Juan Forty Silalahi, menilai seminggu jelang pelantikan presiden terpilih Joko Widodo, bursa kandidat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), semakin mendapat sorotan luas dari kalangan masyarakat.

Nama-nama yang beredar juga semakin mengerucut, salah satu yang terus menguat adalah Ketua Komite Tetap Mineral dan Pertambangan, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Poltak Sitanggang.

"Dukungan dari berbagai kalangan juga terus mengalir, mulai dari pengusaha, pengamat pertambangan, pasar modal, akademisi, kaum muda hingga birokrat. Misalnya dari kalangan pengusaha, dukungan mengalir dari Kadin Indonesia lewat Wakil Ketuanya yang juga bos Adaro Energy, Boy Garibaldi Thohir," katanya di Jakarta, Selasa (14/10).

Dukungan juga disuarakan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Batubara Indonesia (APBI), Bob Kamandanu serta kalangan pengusaha mineral yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Mineral Indonesia (Apemindo) di mana Poltak Sitanggang menjadi Ketua Umumnya. Demikian juga dari Keluarga alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama), bahkan praktisi pasar modal dan investasi.

"Mereka meyakini rekam jejak Poltak bersih dan juga memiliki kemampuan manajerial. Sehingga mampu memberi sentimen positif terhadap dunia usaha. Hal tersebut diungkapkan sendiri oleh Ketua Umum Asosiasi Analis Efek Indonesia yang juga Sekjen Asosiasi Profesi Pasar Modal Indonesia, Haryajid Ramelan," kata Juan.

Menurut Koordinator Solidaritas Para Pekerja Tambang Nasional (SPARTAN) ini, sejumlah analisa yang muncul juga memerhitungkan faktor kedekatan Poltak dengan PDI Perjuangan yang sudah dirintis lama bersama orang kepercayaan Megawati, almarhum Mayjen (Purn) Theo Syafei.

Tidak hanya itu, bagi para reformis, nama Poltak  juga bukan nama baru mengingat keterlibatannya dalam gerakan reformasi melalui Masyarakat Profesional Untuk Demokrasi (MPD) yang bahu-membahu dengan Mahasiswa saat gerakan reformasi 1998.

"Poltak juga merupakan kandidat Menteri peraih polling tertinggi di laman www.kabinetrakyat.org yang dikunjungi 1,2 juta orang. Selain itu Poltak juga diunggulkan dalam polling di www.beranilawanmafia.com yang digagas para mahasiswa Indonesia di Singapura," pungkasnya. (gir/jpnn)


JAKARTA - Pengamat Energi dan Pertambangan, Juan Forty Silalahi, menilai seminggu jelang pelantikan presiden terpilih Joko Widodo, bursa kandidat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News