Bush Talangi Big Three Rp 191,4 T

Bush Talangi Big Three Rp 191,4 T
Foto : AFP/Jeff Haynes
WASHINGTON - Pemerintahan Presiden George W. Bush akhirnya bersedia menalangi industri otomotif AS yang terancam gulung tikar. Tiga raksasa otomotif AS (big three) bakal memperoleh bailout USD 17,4 miliar (Rp 191,4 triliun). Dengan skema itu, pemerintah AS bisa menjadi pemegang saham di General Motors (GM), Ford, dan Chrysler.

''Kebangkrutan bakal sangat menyakitkan bagi para pekerja di Amerika,'' tutur Presiden Bush di Washington DC seperti dikutip Associated Press tadi malam.

Menteri Keuangan AS Henry Paulson menyatakan, bailout tersebut diambilkan dari dana USD 700 miliar yang telah disetujui Oktober lalu. Sekitar USD 13,4 miliar bisa dicairkan bulan ini dan bulan depan. Sekitar USD 9,4 miliar dialokasikan untuk General Motors dan USD 4 miliar untuk Chrysler. Dengan begitu, kedua perusahaan itu sudah bisa menyelesaikan kewajibannya. Sementara Ford Motor belum membutuhkan pertolongan segera.

Skema bailout itu didesain untuk menyelamatkan industri otomotif dalam jangka pendek dan bisa melalui masa sulit di awal pemerintahan Presiden AS terpilih Barack Obama.

WASHINGTON - Pemerintahan Presiden George W. Bush akhirnya bersedia menalangi industri otomotif AS yang terancam gulung tikar. Tiga raksasa otomotif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News