Busway Koridor IX-X Belum Maksimal

Diperkirakan Normal Dua Minggu Lagi

Busway Koridor IX-X Belum Maksimal
Busway Koridor IX-X Belum Maksimal
BUSWAY koridor IX (Pinang Ranti-Pluit) dan koridor X (Cililitan-Tanjung Priok) belum berjalan optimal. Salah satu masalah yang dialami oleh para penumpang yakni perihal lambannya jadwal kedatangan busway (headway) di setiap halte. Akibatnya, terjadi penumpukan penumpang.

Kepala Dinas Perhubungan DKI, Udar Pristono mengatakan, tidak menampik jika berbagai kekurangan da- lam operasional kedua koridor tersebut. Tentunya terkait pelayanan kepada penumpang. ”Pengoperasian busway akan normal dua minggu dari sekarang,” ujar Pristono seperti dikutip INDOPOS (grup JPNN), kemarin (3/1).

Menurut dia, kategori normal yang dimaksud adalah headway bus berkisar 5 hingga 10 menit, jalur busway telah steril dari kendaraan lain, dan jumlah armada yang beroperasi 65 unit bus tunggal dan 25 bus gandeng. ”Saat ini, pelayanan bus di kedua koridor tersebut masih dalam tahap sosialisasi dan uji coba,” bebernya.

Kendati demikian, sambung Pristono, implementasi sterilisasi di jalur kedua koridor akan berlaku Selasa (hari ini). Yakni dengan memberlakukan sanksi tilang kepada kendaraan yang masuk jalur tersebut. Sedikitnya 100 petugas akan diterjunkan untuk membersihkan busway dari kendaraan lain.

BUSWAY koridor IX (Pinang Ranti-Pluit) dan koridor X (Cililitan-Tanjung Priok) belum berjalan optimal. Salah satu masalah yang dialami oleh para

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News