Buya Syafii Sampaikan Kriteria Calon Menteri ke Jokowi

Buya Syafii Sampaikan Kriteria Calon Menteri ke Jokowi
Buya Syafii Maarif di Istana Negara, Jakarta, Kamis (9/5). Foto: M Fathra NI/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengundang Prof Ahmad Syafii Maarif ke Istana Merdeka, Jakarta pada Kamis (19/9). Tokoh yang beken disapa dengan panggilan Buya Syafii itu mengaku dimintai pandangan oleh Jokowi soal calon menteri.

"Soal menteri, pilih kabinet yang bagus, yang betul-betul. Dari partai juga boleh, tetapi orang yang profesional, punya integritas. Itu saja," ucap Buya Syafii usai bertemu Jokowi.

Saat ditanya susunan kabinet yang ideal seperti apa? Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), itu menjawab bahwa Presiden Jokowi sebenarnya sudah tahu.

"Presidennya tahu, jadi ada persoalan integritas, kompetensi, profesionalisme. Boleh dari partai, enggak apa-apa. Tetapi yang setia kepada presiden. Jangan yang bikin kacau," tandas mantan ketua umum PP Muhammadiyah itu.

Diketahui sampai saat ini Presiden ketujuh RI itu belum juga mengumumkan susunan kabinet pemerintahannya untuk periode kedua 2019-2024. Pada bulan lalu, Jokowi mengaku maish melihat momentum untuk menyampaikannya ke publik.

“Saya melihat momentumnya, melihat mendesak atau tidak kebutuhan itu. Tapi kalau saya lihat masyarakat menunggu, pasar juga menanti, sehingga sebetulnya semakin cepat diumumkan semakin baik,” ucap Jokowi di Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (14/8) lalu.(fat/jpnn)

Ahmad Syafii Maarif alias Buya Syafii dipanggil Presiden Jokowi ke Istana Merdeka, Jakarta pada Kamis (19/9) untuk memberikan masukan tentang calon menteri.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News