Cabor DBON Raih Medali di Asian Games 2022, Prof Asmawi Bicara Kesuksesan Perpres 86/2021

Cabor DBON Raih Medali di Asian Games 2022, Prof Asmawi Bicara Kesuksesan Perpres 86/2021
Atlet panjat tebing Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi seusai mempersembahkan medali emas pada ajang Asian Games 2022. Foto: NOC Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Kontingen atlet Indonesia di ajang Asian Games 2022 sejauh ini sudah mengumpulkan 35 medali dengan perincian tujuh emas, 11 perak, dan 17 perunggu.

Prestasi tersebut tidak terlepas dari cabang olahraga yang masuk ke dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Gagasan besar di era Menpora Zainudin Amali tersebut perlahan membuahkan prestasi baik untuk olahraga di Indonesia.

Hal tersebut membuat Dewan pakar DBON, Prof Asmawi menilai bahwa Perpres No. 86 tahun 2021 Tentang Desain Besar Olahraga Nasional sangat tepat.

Adanya Perpres tersebut membuat perlahan pondasi untuk mencetak prestasi olahraga Indonesia ke depannya mulai terlihat.

Maklum pada awalnya beberapa cabang olahraga memiliki beberapa masalah klasik seperti kurang memadai sarana dan prasarana, organisasi belum fokus, serta belum adanya kompetisi yang berkelanjutan.

Hal perlahan terkikis dengan bukti adanya perhatian dari pemerintah beberapa cabang olahraga yang masuk DBON seperti menembak, wushu, balap sepeda, angkat besi, hingga panjat tebing menuai prestasi di Asian Games 2022.

“Kebijakan Presiden Joko Widodo mengeluarkan Perpres No. 86 tahun 2021 Tentang Desain Besar Olahraga Nasional sangat tepat. Hal ini merupakan langkah tepat untuk memperhatikan kemajuan prestasi olahraga di Indonesia,” ungkap Prof Asmawi.

Kontingen atlet Indonesia di ajang Asian Games 2022 sejauh ini sudah mengumpulkan 35 medali dengan perincian tujuh emas, 11 perak, dan 17 perunggu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News