Cacar Monyet Mulai Masuk Indonesia, Jokowi Minta Jajarannya Sediakan Vaksin

Cacar Monyet Mulai Masuk Indonesia, Jokowi Minta Jajarannya Sediakan Vaksin
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi instruksi kepada Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk segera menyediakan vaksin cacar monyet atau monkeypox.

Jokowi memberikan arahan itu guna mencegah terjadinya penyebaran kasus cacar monyet di tanah air.

"Sudah saya perintahkan kepada Menkes yang pertama urusan vaksin segera," ujar presiden di TMII, Jakarta Timur, Selasa (23/8).

Selain vaksinasi, presiden juga perintahkan jajaran terkait untuk lebih memperketat pemeriksaan di pintu-pintu masuk ke Indonesia.

"Yang kedua, untuk tempat-tempat yang interaksinya tinggi, kemudian gerbang-gerbang masuk ke negara kita betul-betul dicek secara ketat," tutur Kepala Negara.

Eks gubernur DKI Jakarta itu juga meminta masyarakat untuk tidak panik karena penularan cacar monyet terjadi pada saat pasien sudah bergejala dan melalui kontak fisik dengan pasien.

"Tetapi ini juga tidak perlu kita terlalu panik karena penularannya lewat kontak langsung bukan lewat droplet. Saya rasa yang paling penting adalah kesiapan-kesiapan kita mengatasi itu," ujar presiden.

Untuk diketahui, Kementerian Kesehatan mengonfirmasi adanya satu kasus positif cacar monyet pertama di Indonesia pada 20 Agustus 2022 lalu.

Presiden Jokowi tidak ingin kasus cacar monyet atau monkeypox menyebar di tanah air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News