Cacar Monyet Sudah Menyebar di 75 Negara, Mbak Puan: Tingkatkan Kewaspadaan

Cacar Monyet Sudah Menyebar di 75 Negara, Mbak Puan: Tingkatkan Kewaspadaan
Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah untuk mengedukasi kepada masyarakat mengenai penyakit Cacar Monyet. Foto: Reuters: CDC/Brian WJ Mahy/Handout

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah untuk mengedukasi kepada masyarakat mengenai penyakit Cacar Monyet, meskipun belum ditemukan di tanah air.

Dia mengatakan penyakit ini sudah menyebar di berbagai negera di dunia.

Dia bahkan menyebut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan penyakit tersebut sebagai darurat global atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC).

“Belajar dari pengalaman menghadapi Covid-19, Indonesia harus siaga terhadap penyakit Cacar Monyet atau monkeypox,” kata Puan, Senin (25/7).

WHO menyebut sudah ada sekitar 16.000 kasus yang dikonfirmasi di 75 negara, meskipun sebagian besar kasus berasal dari Eropa dengan 5 kematian terjadi di Afrika.

Karena itu, Puan mendorong Pemerintah untuk mengantisipasi masuknya penyakit yang disebabkan oleh Monkeypox virus (MPXV) tersebut.

“Perbanyak edukasi kepada masyarakat tentang Cacar Monyet untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap monkeypox,” ucap perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR RI tersebut.

Puan meminta Pemerintah melakukan deteksi dini menyusul Cacar Monyet dideklarasikan sebagai keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah untuk mengedukasi kepada masyarakat mengenai penyakit Cacar Monyet

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News