Cak Rochim Ajak Gen Z Aktif Menulis dan Bijak Gunakan Media Sosial

Cak Rochim Ajak Gen Z Aktif Menulis dan Bijak Gunakan Media Sosial
Jurnalis senior sekaligus Caleg DPR RI dari PKB Dapil I Jatim meliputi Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo, Abdul Rochim alias Cak Rochim saat memberikan pelatihan menulis dan fotografi di SMA Islam Sidoarjo, Senin (18/12/2023). Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, SIDOARJO - Jurnalis senior Abdul Rochim mengajak kelompok Gen Z, termasuk para siswa tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat untuk aktif menulis dan bijak dalam menggunakan media sosial (medsos).

Pasalnya, hampir semua kelompok Gen Z, kini sudah memegang handphone (HP). Sementara di media sosial berseliweran berbagai konten, tidak hanya konten positif, banyak pula yang negatif.

”Ayo, para Gen Z, gunakan handphone kalian semua untuk berlatih menulis, membuat konten-konten yang positif, baik dalam bentuk narasi tulisan, foto maupun video,” ujar Cak Rochim–sapaan akrab Abdul Rochim–saat memberikan pelatihan menulis dan fotografi di SMA Islam Sidoarjo, Senin (18/12/2023).

Staf Khusus Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid ini menuturkan Gen Z harus melek literasi dan punya kemampuan dalam membuat narasi yang positif.

“Saat ini semua orang punya medianya sendiri-sendiri yakni medsos. Untuk bisa menulis atau melaporkan sebuah peristiwa atau informasi, tidak hanya bisa dilakukan oleh seorang jurnalis, tetapi semua orang bisa melakukannya,” kata Cak Rochim.

Menurut Cak Rochim, anak-anak kelompok Gen Z penting untuk berlatih menulis. Dengan begitu, mereka akan memiliki nalar berpikir yang lebih baik dan juga memudahkan ketika masuk ke jenjang perguruan tinggi.

”Saat membuat paper atau skripsi, akan lebih mudah. Belajar menulis, ilmu jurnalistik, tidak hanya untuk menjadi jurnalis. Kalau anak-anak muda bisa dan suka menulis, nalar berpikirnya akan lebih baik. Bahkan, dengan narasi yang baik, kita bisa manfaatkan handphone untuk promosi atau endorse produk,” kata Cak Rochim.

Jurnalis yang kini banting stir ke dunia politik ini juga mengingatkan agar anak-anak muda bijak dalam menggunakan medsos.

Cak Rochim mengajak kelompok Gen Z, termasuk para siswa tingkat SMA dan sederajat untuk aktif menulis dan bijak dalam menggunakan media sosial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News