Cakra 19 Peringati 4 Tahun Pemerintahan Jokowi - JK

Cakra 19 Peringati 4 Tahun Pemerintahan Jokowi - JK
Presiden Jokowi (kiri). Foto: Instagram jokowi

jpnn.com, JAKARTA - Cakra 19 telah menggelar dialog dengan tema rakyat sehat Indonesia berdaulat 'BPJS untuk Kesehatan Masyarakat Indonesia' pada Sabtu, (20/10) di Jl Kol Masturi, Cipageran Cimahi Utara.

Dialog ini digelar untuk memperingati empat tahun pemerintah Jokowi – JK.

Acara yang menghadirkan Attie D andjar Rachman selaku ketua koordinator cakra 19 dapil 1 (Bandung-Cimahi) mewakili ketua Cakra 19 Jawa Barat Juanda Syaifuddin selaku pembicara dengan dihadiri oleh lebih dari 100 peserta.

Para peserta tersebut merupakan undangan dan warga masyarakat sekitar, juga ikatan mahasiswa kesehatan dan Ketua Pemuda peduli kesehatan sebagai narasumber.

Dialog interaktif ini dimulai dengan memaparkan maksud dan tujuan BPJS dilanjutkan dengan uraian alur kerja sistem BPJS, ditutup dengan penjelasan pentingnya BPJS dan serta target dan capaian program BPJS di bawah kepemimpinan Jokowi.

Menuju pungkas acara tersebut kepala tim litbang Cakra 19 Jawa Barat Helmi Wisnu Wardana berpesan supaya tamu undangan dan warga masyarakat bisa menyebarkan informasi yang didapat kepada warga yang lain, khususnya yang belum mengetahui dan menyadari pentingnya bpjs sebagai program dari bapak Jokowi untuk Masyarakat Indonesia.

"BPJS Kesehatan yang mempunyai prinsip gotong royong dengan cara mewujudkan mekanisme gotong royong dari peserta yang mampu ke peserta yang kurang mampu dalam bentuk kepesertaan wajib bagi seluruh rakyat Indonesia, melalui sistem asuransi nirlaba. Maksudnya nirlaba adalah seluruh pendapatan dipergunakan bagi pelayanan kesehatan masyarakat," jelas dia.

Berdasarkan data, jumlah peserta BPJS Kesehatan di tahun 2016 sekitar 164 juta orang. penerima PBI berdasarkan Keputusan Menteri Sosial No. 170/HK/2015 sekitar 103 juta orang. Dengan demikian peserta Mandiri BPJS Kesehatan sekitar 61 juta orang.

Para peserta tersebut merupakan undangan dan warga masyarakat sekitar, juga ikatan mahasiswa kesehatan dan Ketua Pemuda peduli kesehatan sebagai narasumber.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News