Empat Tahun Jokowi – JK, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Empat Tahun Jokowi – JK, Ini Kelebihan dan Kekurangannya
Presiden Jokowi (kanan). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepemimpinan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memasuki tahun keempat pada hari ini, Sabtu (20/10).

Anggota Komisi XI DPR Eva Kusuma Sundari mengatakan, selama menjalankan roda pemerintahan, kinerja Jokowi sangat memuaskan dan membawa perubahan berarti untuk Indonesia.

Mulai dari pembangunan infrastruktur dan gebrakan-gebrakan signifikan untuk kesejahteraan masyarakat hingga ke pelosok desa.

“Jokowi telah melakukan janji-janji kampanye sesuai yang tertuang di dalam Nawa Cita,” ujar Eva di Jakarta, Jumat (19/10)

Politikus PDI Perjuangan ini juga menyebut kebijakan Jokowi sangat berpihak kepada wong cilik dan menyentuh level akar rumput. Sebut saja Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, BPJS Kesehatan, dan lainnya.

"Saya melihat juga infrastruktur mendatangkan kepuasan paling tinggi di rakyat. Kemudian dampaknya, investment grade naik sehingga capital in flow Indonesia naik, tingkat kepercayaan masyarakat naik,” ucapnya.

Pandangan tersebut diamini Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago. Menurutnya, pemerintahan Jokowi tercatat banyak membangun jalan di luar Pulau Jawa. Selain itu, juga membangun beberapa ruas jalan tol dengan anggaran mencapai Rp 12,5 triliun.

"Pembangunan infrastruktur di era Jokowi mendapat nilai positif dan menghasilkan nilai kepuasan publik cukup besar," kata Pangi pada diskusi '4 Tahun Jokowi: Catatan Sukses dan Pekerjaan Tersisa'.

Hari ini, 20 Oktober 2018, tepat empat tahun Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla memimpin roda pemerintahan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News