JPNN.com

Pujian Ketua MPR untuk Keberhasilan Jokowi – Jusuf Kalla

Minggu, 20 Oktober 2019 – 22:06 WIB Pujian Ketua MPR untuk Keberhasilan Jokowi – Jusuf Kalla - JPNN.com
Presiden dan Wapres Jokowi - JK, bersama para menteri kabinet kerja saat silaturahmi sebagai ajang perpisahan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (18/10). Foto M Fathra Nazrul Islam/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo memberikan pujian dan apresiasi atas keberhasilan yang telah dicapai Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla selama menjalankan roda pemerintahan di periode pertamanya memimpin 2014-2019.

“Kita patut bersyukur, selama lima tahun terakhir ini, sejumlah kemajuan telah kita capai meskipun sejumlah kekurangan harus terus kita perbaiki. Semuanya adalah berkat kerja keras dan ikhtiar para pemimpin dan seluruh komponen bangsa Indonesia,” ungkap Bambang membuka Sidang Paripurna MPR dengan agenda tunggal yakni pelantikan presiden dan wapres terpilih hasil Pemilu 2019, Minggu (20/10), di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Menurut Bambang, di bawah kepemimpinan Jokowi - JK pembangunan ekonomi telah banyak mencapai kemajuan dan berhasil meningkatkan taraf hidup serta harkat dan martabat rakyat Indonesia.

Dia mencatat di saat negara-negara lain ekonominya melambat, pertumbuhan ekonomi Indonesia selama lima tahun terakhir ini kecenderungannya terus mengalami peningkatan. Angka pengangguran terus menurun.

Penduduk miskin juga terus mengalami penurunan, bahkan mencapai angka terendah dalam sejarah NKRI yakni 9,41 persen dari sebelumnya 11,22 persen pada 2015.

Selain itu, upaya pemerataan pembangunan juga menunjukkan kinerja yang membaik yang ditunjukkan dengan semakin rendahnya rasio gini, indeks pembangunan manusia (IPM) yang terus meningkat, bahkan masuk dalam status tinggi. “Dan pada saat ini, tidak ada lagi provinsi dengan tingkat indeks pembangunan manusia yang rendah,” katanya.

Konektivitas antarwilayah terutama di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar telah mulai dirasakan manfaatnya. Akselerasi pembangunan infrastruktur yang difokuskan pada konektivitas di sepanjang rantai pasok telah menghubungkan pasar dengan sentra-sentra produksi rakyat, mulai dari pertanian, perikanan, perkebunan, dan industri, termasuk koperasi, usaha kecil mikro dan menengah.

Pihaknya mencatat, dalam lima tahun terakhir hasil dari dana transfer ke daerah dan dana desa sudah dirasakan manfaatnya oleh sebagian besar masyarakat melalui peningkatan kinerja pelayanan dasar publik, seperti akses rumah tangga terhadap sanitasi dan air minum layak, persalinan yang dibantu oleh tenaga kesehatan, serta angka partisipasi murni dari pendidikan anak usia dini sampai dengan SMA sederajat.

BACA JUGA: Bocah 2 Tahun Tewas Mengenaskan, Polisi Temukan Ada Keganjilan, Oh Ternyata...

Selain itu, melalui dana alokasi khusus fisik, pemerintah sudah berhasil membangun berbagai infrastruktur bagi masyarakat, seperti peningkatan jalan, penyelesaian pembangunan jembatan, pembangunan ruang kelas baru, pembangunan laboratorium sekolah, peningkatan dan pembangunan jaringan irigasi, pembangunan rumah dan peningkatan kualitas rumah, serta rehabilitasi sarana dan prasarana kesehatan. (boy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...