Caleg PDIP: Pertamina Jamin Ketersediaan Elpiji di Kaltara

Caleg PDIP: Pertamina Jamin Ketersediaan Elpiji di Kaltara
Elpiji kemasan tiga kilogram atau yang dikenal dengan sebutan gas melon. Foto: Jawa Pos Radar Semarang

jpnn.com, JAKARTA - Calon anggota legislatif dari daerah pemilihan Kalimantan Utara Deddy Yevri Sitorus menemui Dirut PT Pertamina Nicke Widyawati untuk mencari solusi kelangkaan gas elpiji ukuran 3 kilogram di Kalimantan Utara.

Hasil pertemuan itu menyepakati komitmen Pertamina memenuhi kebutuhan gas elpiji di seluruh Indonesia termasuk Kaltara.

Deddy menjelaskan, berdasarkan laporan, pasokan elpiji 3 kg ke Kaltara sangat bergantung kelancaran transportasi. Pasalnya, belum ada stasiun pengisian bulk elpiji (SPLE) di wilayah provinsi termuda itu.

Ada beberapa hal yang jadi penghambat transportasi pasokan elpiji 3 kg. Di antaranya cuaca ekstrem atau saat tingginya gelombang air laut pada Agustus dan Desember hingga awal Januari.

Penghambat lain yang dikeluhkan distributor, kata Deddy, adalah tidak diprioritaskannya kapal pengangkut elpiji 3 kg saat proses bongkar muat di pelabuhan. Dalam hal ini, pemerintah daerah diminta lebih memperhatikan semua proses distribusi elpiji 3 kg.

Politikus PDI Perjuangan itu menyampaikan, dengan sejumlah hambatan yang dilaporkan distributor, Dirut Pertamina berjanji segera mengeksekusi solusi untuk menjaga kelancaran pasokan elpiji 3 kg di Kaltara.

Adapun langkah yang disepakati dan direkomendasikan Pertamina adalah membangun SPBE di Kaltara bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) atau Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Selain itu, disiapkan juga skema pembuatan lahan penyimpanan elpiji 3 kg untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas harga. "Ada skema storage tapi lahannya disiapkan pemda," ucap Deddy, melalui pernyataan tertulis, Senin (3/9).

Calon anggota legislatif dari daerah pemilihan Kalimantan Utara Deddy Yevri Sitorus membahas kelangkaan elpiji dengan Dirut PT Pertamina Nicke Widyawati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News