Caleg Perempuan Minta Subsidi Biaya Kampanye

Caleg Perempuan Minta Subsidi Biaya Kampanye
Caleg Perempuan Minta Subsidi Biaya Kampanye

jpnn.com - JAKARTA - Anggota DPR RI dari Fraksi PPP Reni Marlinawati minta partai politik harus terus memberikan insentif kepada calon anggota legislatif (Caleg) perempuan.

Dukungan yang besar dari Parpol terhadap Caleg perempuan menurut Reni, akan membuat partisipasi dan tingkat keterpilihan perempuan di parlemen semakin tinggi.

"Insentif partai politik terhadap perempuan sudah mulai membaik. Hal itu terjadi karena adanya perintah undang-undang yang mengharuskan semua Parpol peserta Pemilu menempatkan minimal 30 persen perempuan sebagai Caleg," kata Reni Marlinawati, di gedung DPR, Senayan Jakarta, Rabu (5/3).

Namun, lanjutnya, setelah memperhatikan karakter system Pemilu dengan proporsional terbuka, hanya Caleg dengan suara terbanyaklah yang bisa terpilih menjadi anggota DPR. Maka sulit untuk memenuhi keterwakilan 30 persen perempuan di parlemen.

"Ke depannya, perlu ada political will dari para pimpinan parpol. Di antaranya, menempatkan perempuan pada nomor urut 1, dan memberikan subsidi biaya kampanye," harap Wakil Sekretaris Fraksi PPP DPR ini.

Dengan komposisi seperti tersebut di atas, tingkat keterpilihan Caleg perempuan tetap besar, sehingga bisa meningkatkan rasio keterwakilan perempuan di parlemen, ujarnya.

"Semakin banyak keterwakilan perempuan di politik, semakin mempermudah perjuangan untuk perempuan," imbuhnya. (fas/jpnn)


JAKARTA - Anggota DPR RI dari Fraksi PPP Reni Marlinawati minta partai politik harus terus memberikan insentif kepada calon anggota legislatif (Caleg)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News