Calistung Jenjang TK Bakal Dihapus

Calistung Jenjang TK Bakal Dihapus
Calistung Jenjang TK Bakal Dihapus
MALANG - Kurikulum 2013 jika dipraktikkan akan mengurangi beban belajar anak sejak dari pendidikan anak usia dini (PAUD). Sebab salah satu target kurikulum 2013 adalah menghapus baca tulis hitung (Calistung) di jenjang TK.

Ketua Himpunan Pendidik Anak Usia Dini (Himpaudi) Kota Malang, Rohmiati mengungkapkan selama ini pembelajaran pada anak PAUD banyak yang menyimpang dan tidak sesuai dengan perkembangan anak. ”Karena menyimpang itulah sehingga memengaruhi minat belajar anak sampai dewasa,” ungkapnya.

Mia panggilan akrab Rohmiati menuturkan pembelajaran Calistung di TK mengalami pelencengan sejak 1984 lalu. Akibatnya banyak anak yang mengalami drop out pada jenjang SD dan SMP. Minat baca pada siswa pun tidak bisa tumbuh dengan baik.

”Yang juga perlu diperbaiki adalah model pembelajaran di jenjang TK, guru pun harus kreatif untuk menumbuhkan potensi pada anak tanpa mengabaikan hak sebagai anak,” tegasnya. Menurutnya Calistung perlu dikenalkan namun dengan model pembelajaran yang kreatif.

MALANG - Kurikulum 2013 jika dipraktikkan akan mengurangi beban belajar anak sejak dari pendidikan anak usia dini (PAUD). Sebab salah satu target

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News