Calon Anggota Parlemen Dibunuh saat Menuju Masjid

Calon Anggota Parlemen Dibunuh saat Menuju Masjid
Calon Anggota Parlemen Dibunuh saat Menuju Masjid
KABUL - Seorang kandidat anggota parlemen Afghanistan, Haji Abdul Manan, tewas ditembak oleh pria bersenjata. Insiden itu terjadi di bagian barat negeri yang sarat konflik itu, Sabtu (28/8).

Dilansir REUTERS, seorang pejabat pemerintah mengatakan, empat kandidat lainnya juga diancam bakal dibunuh menjelang pemilihan pada 18 September mendatang. Pemilihan parlemen di Afghanistan kali ini ini dipandang sebagai uji stabilitas di Afghanistan, di mana kekerasan terburuk kerap terjadi sejak Taliban digulingkan tahun 2001.

Mohammad Omarzai, gubernur wilayah Shindand yang terletak di sebelah barat Provinsi Herat yang berbatasan dengan Iran, mengatakan bahwa Haji Abdul Manan dibunuh saat berjalan dari rumahnya menuju masjid untuk shalat malam. Menurut Omarzai, dua orang bersenjata yang menaiki sepeda motor melaju di sebelah Manan dan melepaskan tembakan. Padahal biasanya, daerah yang berada di dekat perbatasan dengan Iran relatif aman.

Pada hari Kamis (26/80 lalu, 10 petugas kampanye pemilu dan kerabat salah satu kandidat perempuan untuk kursi parlemen, Fawzia Gilani, dilaporkan hilang di Herat. Namun para pejabat mengaku tidak tahu apakah mereka diculik oleh lawan politik atau Taliban.

KABUL - Seorang kandidat anggota parlemen Afghanistan, Haji Abdul Manan, tewas ditembak oleh pria bersenjata. Insiden itu terjadi di bagian barat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News