Calon Careteker Wako Gorontalo Prerogatif Gubernur

Calon Careteker Wako Gorontalo Prerogatif Gubernur
Calon Careteker Wako Gorontalo Prerogatif Gubernur
JAKARTA - Usulan careteker walikota Grontalo menjadi hak prerogatif gubernur. Itu sebabnya, gubernur diharapkan sudah bisa mengusulkan siapa calon Plt sebelum masa jabatan Wako Gorontalo Adhan Dambea berakhir pada 13 Juni mendatang.

"Di dalam UU 32 Tahun 2004 jo PP 6 Tahun 2005 sudah diatur tentang mekanisme penetapan Plt bupati/walikota. Meski tidak disebutkan batasan waktu pengusulannya, namun sebaiknya usulannya diajukan ke Mendagri dua minggu sebelum berakhir masa jabatan kepala daerahnya," urai Kasubdit Wilayah IV Ditjen Otda Kemendagri, Sukoco yang dihubungi, Minggu (18/5).

Dua minggu tersebut dibutuhkan Kemendagri untuk memproses penerbitan SK careteker. Banyaknya calon yang diusulkan adalah tiga pejabat sesuai penilaian gubernur.

"Tiga pejabat yang diusulkan sesuai kehendak gubernur. Apakah pejabat di Kota Gorontalo, pejabat Pemprov atau di kabupaten/kota lainnya. Yang penting golongannya harus IVb," terang Sukoco.

JAKARTA - Usulan careteker walikota Grontalo menjadi hak prerogatif gubernur. Itu sebabnya, gubernur diharapkan sudah bisa mengusulkan siapa calon

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News