Calon Investor Blok Natuna Siap Dievaluasi

Calon Investor Blok Natuna Siap Dievaluasi
Calon Investor Blok Natuna Siap Dievaluasi
JAKARTA-Pertamina siap mengevaluasi investor yang akan menjadi partner bisnis untuk mengelola Blok Natuna. Saat ini pertamina melalui perusahaan konsultan Mac Kenzie, telah mengantongi 10 perusahaan yang berminat berinvestasi dalam eksplorasi gas di blok Natuna.

jpnn.com -

Menurut Karen Agustiawan, direktur Hulu Pertamina, ada beberapa kriteria yang akan dijadikan pertamina untuk memilih satu dari sepuluh potensial partner. "Saat ini ada 10 perusahaan yang menjadi potensial partner yang masuk tahap evaluasi", katanya di Jakarta, kemarin.

Investor yang berminat terhadap blok natuna ini umumnya berasal dari luar negeri, diantaranya Exxon (AS), Total (Perancis), Shell (Belanda), Petronas (Malaysia), Statoil (Norwegia), Eni ( Italia), PTT (Thailand). Karen juga mengatakan pertamina berharap angka Investment Rate of Return dari pengelolaan Natuna D Alpha ini minimal sebesar 40,5%. Sementara itu untuk splitnya, akan menggunakan skema Sliding Scale. Dimana pemerintah akan mendapat keuntungan 60% sementara pertamina mendapat 40% dengan asumsi harga minyak US $10/mmbtu. Skema Sliding Scale ini maksudnya, porsi bagi hasil bisa berubah jika harga gasnya berubah. (Wid)


JAKARTA-Pertamina siap mengevaluasi investor yang akan menjadi partner bisnis untuk mengelola Blok Natuna. Saat ini pertamina melalui perusahaan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News