Calon KaBIN Diuji Besok, Panglima TNI Rabu

Calon KaBIN Diuji Besok, Panglima TNI Rabu
Calon KaBIN Sutiyoso. FOTO: dok

jpnn.com - JAKARTA - Komisi I DPR telah menetapkan agenda pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan atau Fit and Proper Test (FnP) terhadap calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) dan Panglima TNI.

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Tubagus (TB) Hasanuddin mengatakan jadwal untuk calon KaBIN dan Panglima TNI dilakukan berurutan, Selasa dan Rabu.

"Besok kami akan gelar fit and proper test untuk KaBIN, secara umum saya kira tidak ada masalah. Saya baca petanya," kata TB Hasanuddin di gedung DPR Jakarta, Senin (29/6).

Menurutnya, pertanyaan untuk calon KaBIN kemungkinan lebih mendasar masalah fungsi dan peran lembaga yang kini masih dipimpin Marciano Norman tersebut. 

"Pertanyaan yang mendasar fungsi dan peran BIN itu saja. Ya welcome tidak masalah. Selamat bertugas kepada Pak Sutiyoso," ujar Ketua DPD PDIP Jawa Barat yang akrab disapa Kang TB.

Berikutnya, FnP untuk calon Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akan dilakukan Rabu (1/7). Kang TB juga menilai tak ada persoalan dari calon yang diusulkan Presiden tersebut kecuali penekanan pada sejumlah hal.

"Kami minta penekanan di empat poin komitmen, disiplin ditingkatkan, lanjutkan percepatan realiasi MEF (Minimum Essential Forces), meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan prajurit, dan masalah konflik TNI dan rakyat. Nanti bervariasi," tandasnya.(fat/jpnn)

JAKARTA - Komisi I DPR telah menetapkan agenda pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan atau Fit and Proper Test (FnP) terhadap calon Kepala Badan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News