Calon KSAL Harus Memiliki Chemistry dengan Laksamana Yudo Margono

Calon KSAL Harus Memiliki Chemistry dengan Laksamana Yudo Margono
Laksamana TNI Yudo Margono. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Dave Akbarshah Fikarno atau Dave Laksono mengatakan bahwa calon Kepala Staf Angkatan Laut berikutnya harus memiliki chemistry dengan Laksamana Yudo Margono yang akan dilantik menjadi Panglima TNI.

Menurut dia, hal itu untuk merealisasikan visi dan misi panglima TNI.

"Calon KSAL harus memiliki chemistry dengan panglima TNI apalagi Laksamana Yudo berasal dari matra laut. Chemistry itu penting agar kebijakan searah dan sejalan," kata Dave di Jakarta, Kamis (8/12).

Menurut Dave, calon KSAL harus memiliki kesamaan visi dan misi dengan Laksamana TNI Yudo Margono yang akan dilantik menjadi panglima TNI.

"Calon Kasal berikutnya harus memahami dan searah dengan visi dan misi panglima TNI terpilih dan Presiden Jokowi terkait pembangunan tol laut agar program tersebut tercapai," ungkap Dave.

Politikus Partai Golkar itu mengatakan Laksamana Yudo Margono akan menjabat sebagai panglima TNI sekitar satu tahun, sehingga banyak program berkelanjutan yang harus dijalankan.

Dave mengatakan bahwa penentuan kepala staf TNI termasuk KSAL menjadi kewenangan dari presiden atas usul panglima TNI, sesuai dengan amanat Pasal 14 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

Pasal 14 Ayat 2 UU TNI menyebutkan bahwa kepala staf angkatan diangkat dan diberhentikan oleh presiden atas usul panglima TNI.

Calon KSAL selanjutnya harus memiliki chemistry dengan Laksamana Yudo Margono yang akan dilantik menjadi Panglima TNI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News