Calon Vaksin Corona dari Tiongkok Tiba di Indonesia, Semoga Berhasil

Calon Vaksin Corona dari Tiongkok Tiba di Indonesia, Semoga Berhasil
Ilustrasi - Vaksin COVID-19. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Calon vaksin virus corona baru (covid-19) dari perusahaan biofarmasi asal Tiongkok, Sinovac Biotech Ltd., telah tiba di Indonesia dan segera diuji klinis tahap III.

"Iya sudah sampai. Tentu pasti disiapkan nanti kan untuk uji klinis tahap ketiga," kata Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19 Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristek) Ali Ghufron di Jakarta, Senin.

Calon vaksin itu telah diserahkan ke PT Bio Farma. Uji klinis tahap III untuk kandidat vaksin itu akan dilakukan di Indonesia melalui kerja sama PT Bio Farma dan Sinovac Biotech Ltd.

Ghufron menuturkan secepatnya uji klinis tahap III akan dilakukan, yang diperkirakan akan berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Vaksin itu tiba di Indonesia pada Minggu (19/7).

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan dan Universitas Padjajaran (Unpad), juga akan dilibatkan dalam mempersiapkan uji klinis tahap III itu.

Bio Farma akan bekerja sama dengan Universitas Padjajaran (Unpad) dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes), untuk mempersiapkan uji klinis tahap tiga tersebut.

Selain itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga terlibat dalam proses uji klinis.

"Hampir semua uji klinis Balitbangkes ikut memsupervisi," tuturnya.

Calon vaksin virus corona baru dari perusahaan biofarmasi asal Tiongkok, Sinovac Biotech Ltd., telah tiba di Indonesia dan segera diuji klinis tahap III.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News