Canggih! Pusat Digitalisasi dan Inovasi PHR Dukung Peningkatan Produksi Blok Rokan

Canggih! Pusat Digitalisasi dan Inovasi PHR Dukung Peningkatan Produksi Blok Rokan
Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati (tengah) bersama Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto saat meresmikan fasilitas Digital & Innovation Center (DICE) di Kompleks PHR Rumbai, Pekanbaru, Senin (8/8). Foto: Dokumentasi Pertamina

jpnn.com, RUMBAI - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) dengan kinerja unggul dan keberhasilannya menaikkan produksi wilayah kerja (WK) Rokan turut didukung penerapan teknologi digital dan berbagai inovasi.

PHR memiliki sebuah fasilitas pusat kendali operasional dan big data yang dapat memantau kegiatan di lapangan secara real time.

Kehadiran fasilitas bernama Digital & Innovation Center (DICE) itu berperan penting dalam mendukung pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati meresmikan DICE yang berlokasi di Kompleks PHR Rumbai, Pekanbaru, Senin (8/8).

Menurut Nicke, langkah strategis ini merupakan bagian upaya Pertamina dalam mewujudkan operasi yang andal melalui inisiatif go digital.

"Fasilitas ini sangat penting dalam mendukung pengambilan keputusan secara cepat dan tepat, sehingga mendukung pencapaian target produksi,” kata Nicke Widyawati dalam sambutannya.

DICE merupakan hasil pengintegrasian dua fasilitas digital PHR, yakni War Room dan Integrated Optimization Decision Support Center (IODSC).

Fasilitas tersebut dilengkapi 66 layar yang menampilkan data dan informasi dalam bentuk digital dashboard, di antaranya terkait pemantauan aktivitas pengeboran.

Kemudian menampilan data dan informasi terkait jadwal pengeboran yang terintegrasi (integrated drilling schedule), penyiapan lokasi pengeboran dan pembangunan fasilitas sumur minyak, dan pengelolaan kegiatan produksi dan perawatan peralatan.

Dirut Pertamina Hulu Energi (PHE) Budiman Parhusip menegaskan di era industri 4.0, industri migas juga harus terus berinovasi melalui penerapan teknologi digital.

PHR memiliki sebuah fasilitas pusat kendali operasional dan big data yang canggih sehingga dapat memantau kegiatan di lapangan secara real time.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News