Capaian Pendidikan Indonesia Rangking Empat Dunia

Capaian Pendidikan Indonesia Rangking Empat Dunia
Capaian Pendidikan Indonesia Rangking Empat Dunia

jpnn.com - JAKARTA--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merilis pencapaian nilai Programme for International Student Assessment (PISA), Selasa (6/12). Rilis ini dilakukan bersama dengan 72 negara peserta survei PISA. 

Hasil survei tahun 2015 yang dirilis hari ini menunjukkan kenaikan pencapaian pendidikan di Indonesia yang signifikan yaitu sebesar 22,1 poin.

Hasil tersebut menempatkan Indonesia pada posisi ke empat dalam hal kenaikan pencapaian murid dibanding hasil survei sebelumnya pada 2012, dari 72 negara yang mengikuti tes PISA. 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengungkapkan, peningkatan capaian anak-anak ini patut diapresiasi dan membangkitkan optimisme nasional.

"Tapi jangan lupa masih banyak PR untuk terus meningkatkan mutu pendidikan karena capaian masih di bawah rerata negara-negara OECD," ujar Menteri Muhadjir di kantornya, Selasa (6/12). 

Bila laju peningkatan capaian ini dapat dipertahankan, lanjutnya, maka pada 2030 capaian kita akan sama dengan rerata OECD. 

PISA merupakan sistem ujian yang diinisasi oleh Organisation for Economic Cooperation and Development (OECD), untuk mengevaluasi sistem pendidikan dari 72 negara di seluruh dunia. 

Setiap tiga tahun, siswa berusia 15 tahun dipilih secara acak, untuk mengikuti tes dari tiga kompetensi dasar yaitu membaca, matematika dan sains. 

JAKARTA--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merilis pencapaian nilai Programme for International Student Assessment (PISA), Selasa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News