Capres Berkinerja Mumpuni Lebih Baik daripada Hanya Modal Elektabilitas

Capres Berkinerja Mumpuni Lebih Baik daripada Hanya Modal Elektabilitas
Siti Zuhro. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro mengatakan Capres yang memiliki rekam jejak dan kompetensi adalah kriteria utama untuk maju pada Pilpres 2024.

“Saya termasuk yang mengutamakan calon yang betul-betul ditelisik tentang kompetensi, kapasitas dan integritas ketimbang hanya dijejelin terus dengan istilah popularitas dan tingkat elektabilitas. Itu mainan lembaga survei,“ kata Zuhro, Selasa (6/9/2022).

Calon presiden yang beredar saat ini, menurut Siti Zuhro, harus dilihat latar belakang, kiprah, visi dan misinya untuk kesejahteraan bangsa Indonesia ke depan.

“Ada tidak track record, ada tidak riwayat hidup. Jangan sampai silang sengkarut di public. Itu selesai di paparan partai yang mengusung,” ujar Zuhro.

Salah satu sosok yang dianggap terus bekerja adalah Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

“Dia masih sibuk jadi Menko RI,” jelas  Zuhro.

Airlangga adalah calon presiden dari Partai Golkar. Jika dilihat dari sejumlah survei, elektabilitas Airlangga masih belum signifikan.

Untuk itu, Zuhro mengusulkan kalau sudah dipastikan dari Golkar bahwa Ketum Airlangga yang akan dicalonkan, pastinya secara internal sudah selesai.

Pakar politik dari BRIN Siti Zuhro mengatakan Capres yang memiliki rekam jejak dan kompetensi adalah kriteria utama untuk maju pada Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News