Capres Independen Sulit Direalisasikan

Capres Independen Sulit Direalisasikan
Capres Independen Sulit Direalisasikan
JAKARTA - Sekjen DPP PAN, Taufik Kurniawan mengatakan, calon presiden dari jalur independen merupakan wacana yang menarik,  namun, sulit untuk direalisasikan. Taufik berpendapat perlu ada kajian sangat matang terkait wacana itu.

“Saya tidak bisa bayangkan seandainya capres independen itu mengalami dinamika luar biasa di DPR, efektivitas komunikasinya bagaimana,” kata Taufik, Jumat (1/4/2011).

Taufik memandang capres independen juga sulit karena wacana itu muncul dalam suasana politik yang menginginkan adanya penyederhanaan parpol secara alamiah. Dia menilai tetap penting adanya saluran politik dalam pencalonan presiden.

Dia mencontohkan, kepala-kepala daerah dari jalur independen yang menang dalam pemilukada mengalami kesulitan dalam menyusun program kerakyatan melalui biaya APBD. Hal itu karena kepala daerah independen tidak memiliki komunikasi politik dan wakil di parlemen.

JAKARTA - Sekjen DPP PAN, Taufik Kurniawan mengatakan, calon presiden dari jalur independen merupakan wacana yang menarik,  namun, sulit untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News