Capres Militer Masih Berpengaruh di Struktural TNI

Pepabri Minta TNI Tetap Netral

Capres Militer Masih Berpengaruh di Struktural TNI
Capres Militer Masih Berpengaruh di Struktural TNI
JAKARTA - Di Pilpres 8 Juli mendatang, tiga mantan petinggi militer tercatat ikut berlaga. Satu jendral, yaitu SBY, menjadi capres. Sedangkan dua jendral lainnya yakni Wiranto dan Prabowo Subiato menjadi cawapres.

Meski sudah pensiun, namun ketiganya dianggap masih memiliki pengaruh di TNI, termasuk di struktural TNI saat ini. Karenanya, baik SBY, Wiranto maupun Prabowo diminta tidak menarik-narik gerbong TNI ke kancah pilres.

Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri (Pepabri) meminta ketiga mantan jenderal itu untuk tidak memanfaatkan kedekatan dengan struktur TNI jika hanya demi pilpres. "Tidak bisa dipungkiri bahwa ketiganya punya pengaruh di jajaran struktural TNI, atau anggota TNI aktif sekarang. Saya meminta agar mereka tidak menggunakan pengaruhnya untuk merayu para anggota aktif TNI berpolitik," kata Ketua Pepabri, Agum Gumelar yang ditemui usai menghadiri acara Sarasehan Nasional Tokoh Lintas Daerah di Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Selasa (19/5).

Agum yang juga pernah mendampingi Hamzah Haz pada Pilres 2004 itu mengharapkan TNI tetap menunjukkan netralitasnya. "TNI harus beri jaminan adanya netralitas ini,'' ucapnya.

JAKARTA - Di Pilpres 8 Juli mendatang, tiga mantan petinggi militer tercatat ikut berlaga. Satu jendral, yaitu SBY, menjadi capres. Sedangkan dua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News