Cara Bea Cukai Dorong Pelaku UMKM untuk Ekspor, Top!

Cara Bea Cukai Dorong Pelaku UMKM untuk Ekspor, Top!
Bea Cukai bersama FedEx Express siap membantu para pelaku UMKM melakukan ekspor. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai menggandeng Perusahaan Jasa Titipan (PJT) PT FedEx Express untuk memfasilitasi pelaku UMKM dalam memasarkan produk unggulan mereka ke pasar internasional.

Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas Anton Martin mengatakan pihaknya mendukung penuh ekspansi bisnis PT FedEx Express. Harapannya bukan sekadar ekspansi perusahaan, tetapi juga dapat menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi dan peningkatan investasi melalui kelancaran arus barang impor dan ekspor.

"Bisa membantu memfasilitasi pengiriman produksi pelaku usaha lokal ke mancanegara,” ungkap Anton saat peresmian peresmian PT FedEx Express cabang Semarang, Senin (29/11).

Anton menjelaskan bahwa proses bisnis di era ekonomi digital merubah sistem perdagangan dunia, sehigga masyarakat sekarang tak perlu melakukan perjalanan atau mendatangi pusat perbelanjaan, cukup melalui marketplace atau e-commerce tanpa membuang banyak biaya, tenaga dan waktu.

Kemudahan itu, kata dia, bisa memberikan dampat positif bagi pelaku UMKM dan membuka peluang usaha lebih luas karena penjualan online tidak terbatas ruang.

“UMKM memiliki peran yang sangat besar dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi bangsa. Jika mampu menyesuaikan pasar digital, UMKM tak hanya dapat menjangkau pasar domestik, tetapi menembus pasar global,” terang Anton.

Selanjutnya pihak PT FedEx Express menyampaikan apresiasi kepada Bea Cukai atas dukungan yang telah diberikan.

Senior Operation Manager FedEx Espress Alisa Y Siregar mengungkapkan, FedEx Express berkomitmen akan patuh dengan peraturan yang berlalu sebagai PJT dan turut membantu Bea Cukai dalam memfasilitasi pengiriman produk UMKM.

Bea Cukai terus membantu mengekspor produk unggulan pelaku UMKM ke pasar Internasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News