Cara Belanja Online Aman dan Nyaman

Cara Belanja Online Aman dan Nyaman
Cara Belanja Online Aman dan Nyaman. Getty Images

jpnn.com - JAKARTA - Tren belanja online cenderung meningkat di bulan Ramadan hingga Lebaran nanti. Peningkatan ini dipicu oleh rutinitas dan budaya pemberiah tunjangan hari raya (THR).

Kenaikan trafik pembelanjaan ini tentu peluang bagi situs belanja online. Tak mengherankan bila kemeriahan promo ini juga ditawarkan di situs e-commerce.  

"Banyak penjahat cyber memanfaatkan momen pesta diskon ini dengan mengirimkan laman palsu yang mengiming-imingi Anda dengan hadiah," kata Stefani Supratman, PR and Offline Marketing dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, Kamis (10/7).

Agar merasa aman dan nyaman belanja online, tak ada salahnya bila memperhatikan tips ini. Groupon Indonesia memberikan lima cara yang perlu diketahui agar tidak kecewa sebelum memutuskan belanja online:

1. Jangan mudah percaya dengan promo dan diskon yang dikirim melalui email atau pop up iklan.

Banyak penjahat cyber memanfaatkan momen pesta diskon ini dengan mengirimkan laman palsu yang mengiming-imingi Anda dengan hadiah langsung melalui URL palsu yang dikirimkan melalui email. Biasanya mereka hanya ingin mengumpulkan data pribadi Anda saja, sedangkan promo diskon itu sebenarnya tidak ada.

2. Cek dan teliti situs belanja yang akan Anda gunakan.

Hanya situs belanja online yang terpercaya yang memberikan penawaran meyakinkan dan tidak menjebak pelanggannya. Selain harga yang ditawarkan sesuai dengan keaslian produknya, situs belanja besar tidak pernah memanfaatkan data pribadi pelanggan untuk disebar ke pihak lainnya

JAKARTA - Tren belanja online cenderung meningkat di bulan Ramadan hingga Lebaran nanti. Peningkatan ini dipicu oleh rutinitas dan budaya pemberiah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News