Cara Berpakaian Bung Karno Memberi Dampak bagi Dunia

Cara Berpakaian Bung Karno Memberi Dampak bagi Dunia
Perancang busana Samuel Wattimena dalam acara Talkshow & Musik Bung Karno Series bertema Bung Karno dan Fashion yang digelar Badan Kebudayaan Nasional Pusat atau BKNP PDI Perjuangan, Minggu (20/6) malam. Foto: Istimewa.

jpnn.com, JAKARTA - Perancang busana Samuel Wattimena menilai cara berpakaian Proklamator Kemerdekaan RI Bung Karno yang umumnya memakai jas, kemeja putih, dasi, dan peci, memiliki daya tarik tersendiri.

Menurut dia, hal ini cara berpakaian seperti itu tidak terjadi begitu saja, tetapi lahir dari pesona serta karisma Bung Karno.

"Kalau melihat kenyataan dan kepemimpinan beliau, gaya itu muncul dari dalam diri Bung Karno. Jadi, beliau itu seorang trendsetter dan juga seseorang yang mempunyai visi yang jauh ke depan," kata Samuel dalam acara Talkshow & Musik Bung Karno Series bertema Bung Karno dan Fashion yang digelar Badan Kebudayaan Nasional Pusat atau BKNP PDI Perjuangan, Minggu (20/6) malam.

Pria yang karib disapa Sammy ini mengatakan pesona dan karisma seorang penguasa memang bukan sesuatu yang mudah untuk dilupakan.

Bung Karno sejak aktif dalam pergerakan kemerdekaan hingga menjadi seorang nomor satu di Indonesia selalu memperhatikan detail penampilannya.

Sammy melihat Bung Karno sampai memastikan hal-hal kecil seperti bentuk pakaian dan keserasian warna.

Perancang mode yang fokus pada kain nusantara itu menuturkan Bung Karno sangat yakin cara berpakaian yang digunakan akan menunjukkan derajat seseorang.

Lewat apa yang dikenakan, kata dia, Bung Karno sejatinya hendak menunjukkan bahwa Indonesia sejajar dengan negara-negara lain di dunia.

Cara berpakaian Bung Karno tidak terjadi begitu saja, tetapi lahir dari pesona serta karisma sang Proklamato Kemerdekaan RI itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News