Wong Cilik Menjadi Sumber Inspirasi Bung Karno

Wong Cilik Menjadi Sumber Inspirasi Bung Karno
Dr. Retor A.W Kaligis, M.Si, Dosen Fikom Universitas Pancasila, dalam ‘Talkshow & Musik Bung Karno Series’ Episode ke-19 bertema "Bung Karno dan Wong Cilik" yang dipandu oleh Rizka, Sabtu (19/6). Foto: Istimewa.

jpnn.com, JAKARTA - Proklamator Kemerdekaan RI Bung Karno dikenal sebagai sosok yang sangat merakyat.

Gagasannya saat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia banyak diilhami oleh kehidupan rakyat kecil yang tertindas kondisi sosial ekonomi atau yang biasa disebut sebagai wong cilik.

Termasuk saat Bung Karno menjadikan wong cilik sebagai inspirasinya.

Sikap Bung Karno seperti ini sudah terbentuk sejak kecil.

Sebab, Bung Karno berasal dari kalangan wong cilik.

Pokok pikiran ini menjadi pembuka pembicaraan oleh Dr. Retor A.W Kaligis, M.Si, Dosen Fikom Universitas Pancasila, dalam ‘Talkshow & Musik Bung Karno Series’ Episode ke-19 bertema "Bung Karno dan Wong Cilik" yang dipandu oleh Rizka, Sabtu (19/6).

“Kalau Bung Karno sendiri dari sejarah hidupnya merupakan bagian dari wong cilik. Sejak kecil dia diasuh dari kalangan wong cilik yang namanya Sarinah, perempuan desa yang sederhana,” jelas Retor.

Anggota Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia itu menjelaskan Bung Karno sangat tahu betul bagaimana jiwa dan perasaan wong cilik.

Gagasan Bung Karno saat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia banyak diilhami kehidupan rakyat kecil yang tertindas kondisi sosial ekonomi atau yang biasa disebut wong cilik. Bung Karno pun menjadikan wong cilik sebagai inspirasinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News