Diplomasi Gastronomi ala Bung Karno Berhasil Menunjukkan Citra Bangsa

Diplomasi Gastronomi ala Bung Karno Berhasil Menunjukkan Citra Bangsa
Ilustrasi sosok Bung Karno. Foto: Antaranews

jpnn.com, JAKARTA - Selama ini rakyat Indonesia sangat mengenal Bung Karno sebagai tokoh politik dan pergerakan yang tangguh hingga seorang inspirator yang memiliki jiwa seni tinggi.

Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa Bung Karno adalah seorang presiden Indonesia yang memiliki kepedulian dan kepekaan yang besar terhadap ragam makanan Indonesia.

Hal ini diungkapkan oleh Wiliam Wongso, seorang pakar kuliner senior pada Talkshow & Musik “Bung Karno Series” yang digelar oleh Badan Kebudayaan Nasional Pusat (BKNP) PDI Perjuangan, pada Jumat (18/

“Bung Karno adalah satu-satunya presiden Indonesia yang memiliki kepekaan rasa dan perhatian yang besar terhadap kuliner daerah di Indonesia. Bahkan sebelum 1967 (tahun terbitnya buku Mustika Rasa) Bung Karno sudah mulai melakukan diplomasi gastronomi dan melalui kuliner sebagai pemersatu bangsa, dari makanan kita tau siapa anda yang berarti makanan menggambarkan citra bangsa,” ungkap Wiliam.

Sebagai presiden Indonesia yang pertama, Bung Karno sadar betul terhadap kekayaan makanan daerah sehingga menggunakan makananan sebagai identitas bangsa dalam berbagai pertemuan internasional seperti saat pelaksanaan Konferensi Asia Afrika (KAA).

Dalam acara tersebut Bung Karno bahkan ikut memantau secara langsung proses pembuatan makanan oleh juru masak dan ikut memberikan masukan terhadap makanan yang akan di sajikan.

Salah satu menu hidangan dalam acara tersebut adalah sate ayam dan dengan rasa bangga Bung Karno memperkenalkan hidangan khas nusantara kepada tamu-tamu dari negara lain yang turut hadir dalam konferensi tersebut.

Ibarat kata diplomasi dibangun tidak hanya melalui panggung, tetapi juga efektif dilakukan di meja makan, atau disebut sebagai diplomasi gastronomi dengan menyuguhkan makanan khas nusantara.

Bung Karno adalah seorang presiden Indonesia yang memiliki kepedulian dan kepekaan yang besar terhadap ragam makanan Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News