Cara BRI Cabang Mataram Serap Hasil UMKM, dari Kerajinan hingga Jasa

Cara BRI Cabang Mataram Serap Hasil UMKM, dari Kerajinan hingga Jasa
Pimpinan BRI Cabang Mataram Bayu Adityo menunjukkan berbagai jenis produk UMKM lokal yang diserap untuk dijadikan suvenir. Foto: Antara

jpnn.com, MATARAM - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) menyerap produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari kerajinan, hingga jasa.

Pimpinan BRI Cabang Mataram Bayu Adityo menjelaskan, pemanfaatan produk UMKM lokal yang menjadi nasabah merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Salah satunya adalah untuk dijadikan suvenir bagi para tamu dari luar daerah.

"Tiap tamu yang datang dari Denpasar atau Jakarta, kami berikan teh kelor moringa kidom dan kopi kidom. Itu salah satu produk UMKM nasabah BRI Mataram," kata dia di Mataram, Selasa (2/3).

Dia menyebutkan, sebagai salah satu BUMN, BRI Cabang Mataram juga dituntut untuk memberikan dukungan terhadap pengembangan pelaku UMKM di wilayah kerjanya.

Tidak hanya dukungan dalam bentuk penyaluran modal usaha, khususnya kredit usaha rakyat (KUR). Namun, menurut Bayu, dukungan dalam bentuk menjembatani pemasaran produk juga sudah dilakukan.

"Jadi, bangga membeli produk UMKM lokal kami mulai dari diri sendiri dulu. Kami memberi contoh kepada tamu dengan harapan mereka ikut membantu mempromosikan," ujarnya.

Selain sebagai suvenir, lanjut Bayu, pihaknya juga menyerap produk UMKM lokal untuk dikonsumsi sendiri atau hidangan untuk tamu.

Adapun produk pangan olahan yang digunakan adalah kue kering Nutsafir Cookies yang diproduksi pelaku UMKM di Kota Mataram.

BRI Cabang Mataram seram hasil UMKM setempat. Nasabah yang datang ke bank tersebut akan disuguhi berbagai sovenis khas NTB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News