Cara Jitu Bea Cukai Kembangkan Industri Hasil Tembakau dan Tekan Peredaran Rokok IIegal

Cara Jitu Bea Cukai Kembangkan Industri Hasil Tembakau dan Tekan Peredaran Rokok IIegal
Bea Cukai Malang menyelenggarakan sosialisasi peratuan perundangan di bidang cukai dalam rangka pemanfaatan DBHCHT 2022 di Kota Batu, Jawa Timur, pada Senin (7/11). Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, MALANG - Bea Cukai memiliki cara jitu untuk terus berupaya mengembangkan dan memfasilitasi industri hasil tembakau sekaligus menindak tegas peredaran rokok ilegal.

Di wilayah Jawa Timur, Bea Cukai bekerja sama dengan pemerintah daerah dan aparat penegak hukum lainnya di masing-masing wilayah melakukannya dengan berbagai cara, mulai dari diskusi, pelayanan keliling hingga pagelaran seni.

Contohnya seperti dilakukan Bea Cukai Malang yang hadir dalam focus group discussion (FGD) persiapan penyusunan studi kelayakan pembentukan sentra industri hasil tembakau (SIHT).

Acara yang diselenggarakan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang itu dihadiri perwakilan dari Gabungan Perusahaan Rokok Malang (Gaperoma), Forum Masyarakat Industri Rokok Indonesia (Formasi), Satpol PP hingga perangkat desa di wilayah tersebut.

Kasubdit Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana menyampaikan FGD tersebut diselenggarakan dengan memaksimalkan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) di bidang kesejahteraan masyarakat, yaitu pembinaan industri.

"Melalui pembentukan SIHT di Kota Malang diharapkan akan mendukung tercapainya kesejahteraan masyarakat, menaikkan pendapatan asli daerah (PAD), dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional melalui pemberdayaan industri hasil tembakau,” ujar Hatta Wardhana menanggapi kegiatan tersebut melalui keterangan yang diterima, Rabu (9/11).

Sementara itu, dalam upaya gempur rokok ilegal, Bea Cukai Malang kembali turun menggelar sosialiasi kepada masyarakat di beberapa wilayah.

Sosialisasi digelar Bea Cukai Malang kepada berbagai kalangan masyarakat meliputi Linmas, karang taruna, ibu PKK, LPMD, dan LPMK di Kecamatan Junrejo, Kota Batu pada Selasa (7/11).

Bea Cukai memiliki cara jitu untuk mengembangkan industri hasil tembakau dan menekan peredaran rokok ilegal di wilayah Jawa Timur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News