Cara Kapolri Memotivasi Anak Buah Layak Diapresiasi

Cara Kapolri Memotivasi Anak Buah Layak Diapresiasi
Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis dinilai kembali melakukan terobosan dalam mengapresiasi kinerja jajaran di bawahnya. Kapolri baru-baru ini memanggil Bripda Asep Jafar Sidik, setelah videonya saat menjadi imam salat sejumlah tahanan di Polres Sukabumi Kota viral di media sosial.

Dalam pertemuan, Idham menanyakan kepada Asep ingin dimutasi ke mana. Anggota Sat Sabhara Polres Sukabumi Kota itu memilih bertugas di Binmas dengan alasan ingin mengembangkan kemampuannya dalam membimbing masyarakat lewat mengaji.

Menurut Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (lemkapi) Edi Hasibuan, langkah Kapolri mengundang Asep patut diapresiasi. Karena diyakini mampu memotivasi seluruh jajaran polri meningkatkan kinerja di tengah masyarakat.

"Kami menilai, komitmen kapolri menerapkan reward kepada seluruh jajaran polri akan melahirkan banyak polisi yang memiliki inovasi dan prestasi baru dalam melayani masyarakat," ujar Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (lemkapi) Edi Hasibuan di Jakarta, Senin (9/3).

Mantan komisioner Komisi Kepolisian Nssional (Kompolnas) ini menyatakan pujian karena reward tidak hanya diberikan pada Bripda Asep. Sebelumnya, Bripka Hansmadi Simangunsong juga mendapat tiket dari Kapolri untuk melanjutkan pendidikan perwira.

Penghargaan diberikan setelah video Hansmadi saat menyayikan lagu berbahasa Tionghoa 'Jiayou Wuhan' viral di media sosial. Lagu itu dinyanyikan untuk menyemangati masyarakat Wuhan agar tetap tegar menghadapi virus Corona.

Lagu itu juga mengajak seluruh umat manusia saling membantu sesama, tanpa membedakan suku, etnis dan ras. Tak heran, pujian dari pemerintah Tiongkok dan dunia internasional pun mengalir.

"Kapolri juga beberapa waktu lalu memberikan perhatian khusus pada anggota polri penyandang difabel untuk mengikuti pendidikan perwira. Mereka sebelumya menjadi korban saat menjalankan tugas operasi kepolisian seperti Operasi Tinombala, Rencong Aceh dan Operasi pemberantasan terorisme," ucapnya.

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis dinilai kembali melakukan terobosan dalam mengapresiasi kinerja jajaran di bawahnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News