Cara Mengatasi Fobia Naik Pesawat

Cara Mengatasi Fobia Naik Pesawat
Sejumlah pesawat terbang saat parkir di Bandara Hang Nadim Batam, beberapa waktu lalu, F Cecep Mulyana/Batam Pos

jpnn.com - Perjalanan dengan pesawat menjadi solusi cepat dan murah untuk menempuh perjalanan lintas provinsi atau negara. 

Kecelakaan pesawat Lion Air JT 610  rute Jakarta-Pangkalpinang di perairan Karawang, Jawa Barat, pada Senin (29/10), membuat banyak orang tiba-tiba fobia naik pesawat. 

Mereka yang memang sudah punya ketakutan terbang pun kian takut memilih moda transportasi ini.

Faktanya risiko kecelakaan atau kendala teknis lainnya tak hanya bisa dialami pesawat terbang.  Moda transportasi lainnya seperti kereta, bus, atau mobil pun memiliki risiko yang sama.

Jika bicara angka, sebenarnya angka kecelakaan di darat lebih tinggi jika dibandingkan dengan pesawat terbang. Namun, tetap saja berita pesawat Lion Air jatuh memunculkan rasa takut untuk terbang.

Alasan seseorang fobia terbang

Menurut Matthew Price, seorang psikolog dari Universitas Vermont, Amerika Serikat, tidak ada penjelasan khusus mengenai alasan seseorang memiliki ketakutan atau fobia terbang. 

Namun, ada beberapa alasan yang mungkin mendasari munculnya rasa takut ini.

Kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkalpinang di perairan Karawang, Jawa Barat, pada Senin (29/10), membuat banyak orang fobia naik pesawat.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News