Cara yang Bakal Dilakukan JK jika Abbott Terus Ungkit Bantuan Tsunami

Cara yang Bakal Dilakukan JK jika Abbott Terus Ungkit Bantuan Tsunami
PM Australia Tony Abbott.

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla terusik jika Perdana Menteri Australia Tony Abbott terus mengungkit bantuan yang diberikan negaranya saat bencana Tsunami di Aceh 2004 silam. Bahkan JK, sapaan akrab Jusuf Kalla mengatakan bisa saja Indonesia mengembalikan bantuan itu.

"Saya sudah jelaskan bahwa waktu tsunami itu ada bantuan kemanusiaan dari 56 negara. Termasuk di dalamnya Australia. Ke-56 negara itu yang datang. Australia hanya bagian dari 56 itu. Kalau begitu tidak dianggap kemanusiaan, kita kembalikan saja," ujar JK di kantornya, Jakarta Pusat, Senin, (23/2).

Pemerintah Negeri Kanguru itu memang kembali mengusik bantuan untuk Aceh setelah Indonesia menolak memberi grasi kepada dua terpidana narkoba asal Australia, yakni Myuran Sukumaran dan Andrew Chan. Dua terpidana mati itu populer dengan sindikat Bali Nine.

JK mengaku sudah menjelaskan hal itu saat berbincang dengan Perdana Menteri Tony Abbott.  "Dia (Tony Abbott) menjelaskan  dan menyadari bahwa itu suatu kekeliruan," ujarnya

Seperti diketahui, pernyataan Abbott ini mendapat protes banyak pihak karena dianggap tidak tulus membantu bencana tsunami di Aceh. Menlu Australia Julie Bishop pun mengklarifikasi bahwa pernyataan Abbott hanya kesalahpahaman semata. (flo/jpnn)


JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla terusik jika Perdana Menteri Australia Tony Abbott terus mengungkit bantuan yang diberikan negaranya saat bencana


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News